Breaking News

Friday, January 31, 2020

54 Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar Ikut Pelatihan Kepemimpinan



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Sebanyak 54 Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar, Sumatera Barat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan yang dimulai hari ini, Jum'at 31 Januari 2020.

Pelatihan dengan Tema " Membentuk Jiwa Pemimpin yang Berkarakter Islami Bersinergitas dan Tertib Administrasi Organisasi" ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari kedepan yaitu berakhir tanggal (02/02).

Peserta Pelatihan adalah Pimpinan Lembaga Kemahaaiswaan IAIN Batusangkar  terdiri dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA) tingkat Institut maupun Tingkat Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Pelatihan digelar di Hotel Campago Bukittinggi, dibuka langsung oleh Kabiro AUAK IAIN Batusangkar  Drs.H Yasrizal,MA dengan narasumber Wakil Rektor II, III, Kepala SPI dan Perencanaan dan Keuangan IAIN Batusangkar.

Dalam sambutannya Kabiro AUAK mengatakan Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Islam harus memahami dengan baik masalah-masalah Manajemen Administrasi khususnya kita di IAIN Batusangkar.

Pimpinan Kemahasiswaan Yasrizal juga mengatakan bahwa "Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan harus paham pola adminiatrasi karena akan menjalankan kegiatan-kegiatan di kampus nantinya" ungkapnya 

Lebih lanjut Yaarizal menyampaikan bentuk-bentuk pelaporan tentang kegiatan lembaga kemahasiswaan dan juga pola administrasi pencairan, pelaporan keuangan lembaga kemahasiswaan baik di tingkat Institut maupun tingkat Fakultas.

Rektor IAIN Dr.H.Kasmuri,MA menyebutkan Mahasiswa sebagai generasi pelanjut tongkat estafet pembangunan bangsa dan negara tentunya harus senantiasa membiasakan diri mempelajari teori dan administrasi yang berlaku.

"Ya tentunnya yang diterapkan di IAIN Batusangkar" ujarnya.

"Di samping penguasaan administrasi jiwa kepemimpinan yang visioner harus tumbuh dalam jiwa pemimpin mahasiswa bukanlah sebagai kepala administrator, tetapi jadikan tertib administrasi sebagai bagian dari ketrampilan.Sebab administrasi dalam sebuah organisasi adalah sebagai alat kelancaran jalannya organisasi. Jadi jangan sampai administrasi bagus tetapi tujuan dari pembelajaran kepemimpinan organisasi tidak tercapai. Begitu juga sebaliknya, memimpin organisasi yang baik adalah dibarengi dengan tertib administrasi" ucap Kasmuri.

Kasmuri berharap dengan pelatihan ini mampu melahirkan pimpinan / ketua lembaga kemahasiswaan untuk bisa menemukan semangat baru, kesadaran baru dan memberi pengaruh positif bagi organisasinya.

Sementara itu Wakik Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr.H.Rizal,M.Ag menyampaikan Pelatihan Kepemimpinan dengan visi melahirkan sarjana-sarjana siap pakai dan berharap pemimpin-pemimpin lembaga haruslah memiliki softskill, sehingga bisa menghasilkan atau menciptakan sesuatu gerakan yang membanggakan nama Almamater, yang mana sebagai tantangan baru bagi para ketua-ketua terpilih Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!