Breaking News

Monday, February 03, 2020

Musrenbang Nagari Labuah Tanah Datar, Masyarakat Usulkan Kendaraan Sampah



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Permasalahan sampah semakin lama memang semakin rumit dan acap kali menjadi polemik dalam lingkungan masyarakat. Selain menimbulkan bau tak sedap, sampah juga mengganggu pemandangan dan keindahan lingkungan. Dampak yang lebih besarnya sampah juga bisa mendatangkan bencana.

Tidak jauh-jauh, ingat peristiwa yang terjadi Minggu malam (26/01) lalu di Lembah Penurunan Koto/Jalan menuju ke RSUD MA.Hanafiah Batusangkar  yang menyebabkan rumah warga terendam air seharusnya menjadi perhatian dan pelajaran bagi Pemerintah dan masyarakat. Jika tetap tidak ada kesadaran dalam menjaga lingkungan, tidak tertutup kemungkinan bahaya banjir akan mengancam Bumi Luhak Nan Tuo tercinta.

Mengingat hal tersebut dan sering dijumpainya sampah yang berserakan di sekitar pemukiman warga maupun di tempat- tempat umum, masyarakat Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar , Sumatera Barat mengusulkan Pengadaan Kendaraan Sampah.

Hal tersebut disampaikan dalam sesi tanya jawab Musrenbang Nagari Labuah yang digelar hari ini, Senin 03 Februari 2020 di Aula Kantor Wali Nagari setempat.

Menurut masyarakat jika ada Kendaraan Sampah maka masyarakat akan lebih mudah untuk membuang sampah. Karena  selama ini masyarakat banyak yang membuang sampah sembarangan dikarenakan salah satunya tidak adanya lahan/pekarangan mereka yang bisa digunakan  untuk penampungan sampah. Sehingga masyarakat sering kali membuang sampah di tepi-tepi jalan, saluran air bahkan saluran irigasi, tanpa mereka sadari bahwa sampah tersebut akan menyebabkan saluran air tersumbat dan air akan melimpah pada musim penghujan yang bisa mengakibatkan banjir.

Sebelumnya Dr.Yesrita.Z selaku Ketua Tim V Musrenbang Kabupaten yang sekaligus merupakan Kadis Kesehatan Tanah Datar dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pembangunan fisik dan non fisik.

"Mari kita tingkatkan pembangunan fisik dan non fisik di Nagari dengan merealisasikan Program Pembangunan yang telah di acc dalam Musrenbang Kabupaten, sehingga hasil dari pembangunan tersebut betul-betul  dapat dirasakan oleh masyarakat,"  katanya.

Musrenbang dibuka oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma, dihadiri oleh  Tim Musrenbang dari Kabupaten yang duketuai oleh Dr.Yesrita.Z, Camat Lima Kaum beserta Forkopinca, Wali Nagari Labuah E.N.KH.Muncak Rajo, Wali Nagari se-Kecamatan Lima Kaum, Jorong se-Nagari Labuah, KAN, BPRN, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang serta undangan lainnya. Namun tak satupun Anggota Dewan yang hadir dalam acara tersebut.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!