Breaking News

Thursday, February 13, 2020

Tingkatkan Semangat Beragama,Pemko Sawahlunto Gelar RKPPK



FS.Sawahlunto(SUMBAR) - Dalam rangka meningkatkan semangat kehidupan beragama, Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan Program Keagamaan (RKPPK), Rabu (12/2/2020) kemaren.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Sawahlunto, H.Zohirin Sayuti, SE yang juga dihadiri oleh Ketua LPTQ Sumatera Barat, Pengurus LPTQ se-Sawahlunto, MUI, Dewan Pendidikan, Kanwil Kemenag dan beberapa pengusaha yang aktif sebagai donatur kegiatan keagamaan di Kota Sawahlunto.

Dengan digelarnya Rakor ini Zohirin berharap adanya masukan untuk pelaksanaan program pembangunan di bidang agama.

"Sawahlunto memiliki anggaran cukup besar untuk program keagamaan yang mencapai 6 milyar. Namun diperlukan juga evaluasi dan masukan dari berbagai pihak" kata Zohirin.

Dalam Rakor tersebut peserta menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap berbagai program yang dilaksanakan Pemko Sawahlunto, namun ada beberapa masukan terutama untuk meningkatkan mutu rumah Tahfizh melalui pelatihan dan sertifikasi guru Tahfizh serta membentuk Tim untuk evaluasi Program Keagamaan.

Dalam acara tersebut juga muncul saran untuk mengklasifikasi guru TPQ berdasarkan kemampuan mengajar Al-Qur'an. Dengan klasifikasi ini,intensif guru TPQ akan berbeda-beda.Dengan adanya tingkatan intensif akan memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan, sehingga kemampuan peserta didik juga meningkat.

Sementara itu Kabag Kesra Sawahlunto Zardinal Basyir, SE mengungkapkan bahwa di tahun 2020 ini Pemko Sawahlunto akan membina 24 Rumah Tahfizh.Program Peningkatan Kualitas juga menjadi perhatian, melalui program pelatihan bagi guru Tahfizh se-Kota Sawahlunto.

Pemko juga mensupotr pelaksanaan TPQ di masjid dan mushala melalui program intensif bagi 450 orang guru mengaji  50 orang Garin masjid dan 36 orabg Garin mushala serta intensif bagi 11 Muadzin masjid nagari.

Selain pelatihan guru Tahfizh, Pemko juga menganggarkan program pelatihan imam, pelatihan Remaja Masjid, pembinaan Pondok Qur'an, Pesantren Ramadan, Penunjang untuk keberangkatan Jemaah Haji serta program Safari Ramadan.(ZZ/Y)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!