Breaking News

Wednesday, February 05, 2020

Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti : Jangan Terlena Dengan Program Seremonial



FS.Sawahlunto(SUMBAR) - Dalam Musyawarah Pembangunan Nagari/Desa hendaknya Program Pembangunan yang diusulkan benar-benar program yang langsung menyentuh langsung kehidupan masyarakat banyak, jangan hanya terlena dengan Program Seremonial saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Zohirin Sayuti, Wakil Walikota Sawahlunto pada saat membuka acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat yang digelar  hari ini, Rabu (5/2/2020) dan rencananya akan berlangsung sampai besok Kamis (6/2). Acara digelar di Kantor Camat Talawi.

Zohirin menyampaikan bahwa sejalan dengan hal tersebut maka program pembangunan harus berfokus pada kinerja nyata yang memberikan perubahan pada kesejahteraan masyarakat, tidak hanya sekedar kegiatan seremonial saja.

"Tolak ukur keberhasilan Pemerintah adalah data-data seperti angka usia harapan hidup, angka penurunan kemiskinan,  angka lama sekolah, indeks pembangunan manusia dan lainnya. Bukan berapa banyak acara seremonial. Jadi harus dipilah-pilah saja, jika rasanya ada kegiatan yang hanya sekedar seremonial saja, tentu tak perlu diprioritaskan" kata Wawako Zohirin Sayuti.

Lebih lanjut Zohirin mengatakan yang harus menjadi perhatian utama Pemerintah Kota (Pemkot) sampai Pemerintah Desa (Pemdes) adalah pengentasan kemiskinan. Dimana berbagai program seperti pemberian bantuan modal usaha, hewan ternak dan bibit tanaman menjadi salah satu strategi untuk memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat pra-sejahtera tersebut.

"Kita telah mewajibkan setiap desa untuk menganggarkan program penanggulangan kemiskinan, dan dari Pemko juga akan membantu penuh dengan melibatkan OPD/Dinas terkait. Jadi setiap dinas diberi amanah untuk membantu beberapa desa dalam menurunkan jumlah penduduk miskin" terang Zohirin.

Zohirin juga mengingatkan agar usulan kegiatan pembangunan dapat disesuaikan dengan visi misi Kepala Daerah dalam RPJMD.

Acara dihadiri oleh Tim Musrenbang dari Kota Sawahlunto, Unsur Pemerintah Desa se-Kecamatan Talawi, Forkopinca Talawi serta undangan lainnya.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!