Breaking News

Tuesday, June 13, 2023

Direktorat Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Sambangi SMK N 1 Babat Toman


FS.Muba(SUMSEL)-
 Terkait beberapa dugaan yang sempat viral beberapa waktu lalu di tubuh SMK N 1 Babat Toman, Membuat Pihak Direktorat Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menurunkan Tim khusus untuk melakukan Pembinaan dan menggali kedalaman informasi tersebut, Selasa ( 13/06/2023 ) 

Sebagaimana yang sudah diberitakan media ini sebelumnya bahwa ada dugaan kecerobohan pihak SMK N 1 Babat Toman yang telah mengeluarkan 7 orang siswa/i tanpa kejelasan, dugaan Mark up uang seragam sekolah, dan dugaan pemotongan uang PIP. 

Jika sebelumnya, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sudah memberikan tanggapannya, kali ini perihal beberapa dugaan tersebut diatas sudah di tangani langsung oleh pusat.

Tim dari Direktorat Kemendikbud Ristek Jakarta bagian Fight Finding yakni Bapak Bambang, Ibu Bunga dan Ibu Wina terpantau hadir didampingi oleh Drs.Hj.Endah Kesuma Dewi,M.T selaku Kepala Subbag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Begitu di Konfirmasi, Ibu Hj.Endah mewakili Dinas Provinsi Sumsel mengatakan bahwa kapasitas dirinya hanya mendampingi Tim dari Direktorat Kemendikbud Ristek Jakarta.

"Ya fungsi saya kesini mendampingi tamu Irjen,"Jawab Endah singkat. 

Ditempat terpisah, Kepala Sekolah SMK N 1 Babat Toman Drs.Sentosa M.S.i saat dikonfirmasi wartawan di Ruang Kerjanya mengatakan bahwa kunjungan dari kementrian Pendidikan adalah bagian dari tugas mereka untuk melakukan pembinaan.  

"Jadi kedatangan Tim dari Jakarta ini dalam rangka pembinaan, terkait berita adanya pengaduan, yang dibuat-buat wartawan itu, yang kamu buat"Katanya.

Selanjutnya, Sentosa menganggap ini bukanlah suatu masalah karena sudah menjadi tugas mereka untuk pembinaan dengan sekolah terlepas benar atau salah.

Disinggung terkait pemberitaan sebelumnya adanya dugaan pihak sekolah mengeluarkan 7 siswa/i tanpa kejelasan Sentosa membantah dan mengatakan itu tidak benar.

"Ya kalau menurut aku,  tidak benar, karena sengketa awalnya itu kan bukan dengan aku"Ujarnya 

Diperjelas oleh Sentosa, awal yang sengketa adalah Ibu Arta dan Ibu Indah

"Kenapa di kait-kaitkan"Pungkasnya.

Sentosa menyanggah tegas bahwa dikeluarkan 7 siswa itu salah.

"Mereka itu dikembalikan ke orang tua, mengapa ada seorang pendidik menyuruh anak demo, itu pecah kaca"

Sentosa juga mengatakan bahwa dipemberitaan demo itu tidak terjadi justru terjadi, mungkin kalau tidak dibentengi, dak diancam, akan terus-terusan terjadi.

Gayung bersambut, Ibu Arta juga menyanggah bahwa tidak mengembalikan siswa tapi hanya mencari fakta. 

Disinggung mengenai dugaan tidak melaksanakan sesuai prosedur semisal memberikan surat peringat 1,2 dan 3, Sentosa hanya berdalih bahwa siswa akhirnya kembali bersekolah 

"Ya anak kan sekolah kembali, apalagi sudah di Backing Abusari(Anggota Dewan Provinsi red), di damaikan Abusari, didamaikan polisi, tapi yang tidak cocok disini, kok seorang pendidik bertindak seperti itu"Ujarnya.

Mengenai dugaan mark up uang seragam sekolah, Sentosa mengatakan semua sudah kesepakatan bersama, bahkan terpantau oleh media ada salah satu  kejanggalan yakni  berupa ongkos kirim seragam uang ternyata dibebankan Rp. 100.000,-/siswa bukannya per KG atau per Pcs seperti biasanya di pihak jasa kirim atau ekspedisi. 

Sentosa hanya mengatakan "Ya kalau mereka menganggap itu biasa, ya silahkan".

Sementara itu, ketua Tim dari Direktorat Kemendikbud Ristek Jakarta Ibu Wina menolak untuk di wawancara wartawan dengan alasan tidak diberi izin oleh inspektur dan berdalih jika wartawan bisa mengajukan surat wawancara tertulis ditujukan langsung Kepada Direktorat Kemendikbud Ristek Jakarta dan akan dijawab tertulis juga. (Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!