Breaking News

Tuesday, December 19, 2023

Hebat, Solok Selatan Raih Juga Predikaat Kabupaten Peduli HAM

Sekdakab Solok Selatan Dr. H. Syamsurizaldi saat menerima piagam penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM dari Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Senin (18/12/2023). Foto Diskominfo Solsel

FS.Solok Selatan(Sumbar) –
Hebat, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus diapresiasi oleh berbagai pihak. Baru-baru ini menerima prediket sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM.

Kabupaten Solok Selatan meraih nilai 96,4 atas kinerja peduli HAM pada tahun 2022. Menempatkan Solok Selatan di posisi kedua tertinggi setelah Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat. 

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekdakab Dr. H. Syamsurizaldi pada peringatan ke-75 Hari HAM Internasional di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Senin (18/12/2023).

Sekdakab Dr. Syamsurizaldi usai menerima penghargaan mengatakan penghargaan ini diperoleh setelah terpenuhinya beberapa indikator dalam pemenuhan kabupaten kota peduli HAM oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

“Pemenuhan kriteria ini berdasarkan ketentuan peraturan yang telah ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM, sesuai Permenkum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 dimana program dan kegiatan yang dijalankan pemerintah mendukung implementasi Permenkumham tersebut,” katanya.

Pemenuhan indikator sebagai kabupaten peduli HAM tersebut diantaranya hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan serta hak perempuan dan anak memperoleh raihan 100. 

Lebih lanjut Sekdakab mengatakan akan terus melakukan evaluasi terhadap pencapaian ini. Terlebih indikator ini menyasar pada hak dasar yang harus dipenuhi kepada masyarakat, diantaranya Pendidikan, Kesehatan, kependudukan, pekerjaan, lingkungan dan lainnya. 

Dalam menerima penghargaan ini, Sekdakab didampingi Kabag Hukum Alkhairi Fajri dan Pejabat Fungsional Zulkifli. (DA)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!