Breaking News

Friday, February 02, 2024

Kadis Dikbud Kab. Lima Puluh Kota Buka Seminar Sehari Kombel IPA SMP

Suasana kegiatan seminar sehari Kombel IPA SMP di Kabupaten Lima Puluh Kota yang dibuka secara resmi Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Harnieti, M.Pd, dengan Nara sumber Feri Fren dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat.

FS.Payakumbuh (Sumbar) -
Menyikapi perubahan-perubahan yang secara terus menerus terjadi dilingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, komunitas belajar (kombel) harus segera menyikapinya, agar tidak mengalami ketertinggalan informasi yang terbaru. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Harnieti, M.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam membuka acara seminar sehari komunitas belajar IPA SMP Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sebagai contoh disampaikannya informasi terbaru mengenai Perdirjend Nomor 2626 tahun 2023 tentang model kompetensi guru, Perdirjend nomor 4141 tahun 2023 tentang pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dan Perdirjend nomor 7607 tentang pengelolaan e-kinerja di PMM (Platform Merdeka Mengajar).

Lebih lanjut disampaikannya, seorang guru harus memiliki kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. 

Pada kompetensi profesional, guru harus menguasai dan memahami materi yang akan di ajarkannya kepada peserta didik. Demikian juga dengan kompetensi pedagogik, guru harus memiliki ilmu mendidik sehingga bisa melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak kepada peserta didik. 

Dalam hal kompetensi sosial, guru disamping makhluk individu juga sebagai makhluk sosial, dalam kehidupan sehari-hari ia  harus memperhatikan lingkungannya dan bisa menjadi role model dalam mengembangkan budaya positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Kompetensi yang tak kalah pentingnya adalah kompetensi kepribadian, seorang guru sudah seharusnya bisa dijadikan teladan bagi peserta didiknya. Hal ini untuk kedepannya dikembangkan lebih lanjut sesuai Perdirjend nomor 2626 tahun 2023 tentang model kompetensi guru.

Kegiatan seminar diadakan pada hari kamis tanggal 1 Februari 2024 bertempat di SMPN.1 Harau dengan narasumber Feri Fren, S.Pd.MM dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat.

Eva Suzana, S.Pd selaku ketua Kombel IPA SMP Kabupaten Lima Puluh Kota menyampaikan, peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 90 orang yang berasal dari guru IPA SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengawas Manajerial Samsul Bahri, S.Pd.
(DA)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!