Breaking News

Saturday, May 04, 2024

Solsel Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024

Suasana kegiatan pelayanan untuk para penderita ginjal di Solsel Sabtu (4/5/2024)

FS.Solok Selatan (Sumbar) - Kabupaten Solok Selatan telah dipilih sebagai lokasi utama untuk merayakan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 oleh Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) di wilayah Sumatera Barat. 

Rangkaian acara termasuk pemeriksaan  kesehatan dan seminar yang berkaitan dengan  kesehatan ginjal telah menjadi sorotan dalam peringatan ini.

Menurut dr. Pendewal, Kepala Dinas  Kesehatan Solok Selatan, peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 telah dimulai sejak 14 Maret 2024 melalui kampanye kesehatan ginjal yang aktif di laman website dan akun media sosial.

"Sebagai bagian dari peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024, kami menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti senam bersama, layanan pengobatan oleh dokter spesialis penyakit dalam, dan skrining kesehatan gratis oleh Prodia," ungkap Pendewal di RTH Solok Selatan, Sabtu (4/5/2024).

Ia juga menekankan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) Koordinator wilayah Sumbar-Riau-Kepri dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Dr. dr. Harnavi Harun, SpPD-KGH, FINASIM, Koordinator Pernefri Wilayah Sumbar Riau Kepri, menjelaskan pemilihan Solok Selatan sebagai lokasi peringatan di Sumatera Barat didasarkan pada dukungan besar dari pemerintah terhadap  kesehatan, khususnya  kesehatan ginjal.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mencakup pengecekan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus, serta beberapa penyakit lainnya. 

"Hingga saat ini, sekitar 50 orang telah menjalani pemeriksaan, dan pendaftaran masih terbuka. Prioritas kami adalah pemeriksaan untuk penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus karena keduanya memiliki risiko terkait dengan kesehatan ginjal di masa depan," ungkap dr. Evelin Veronike, SpPD, salah satu dokter yang terlibat dalam skrining kesehatan.

Masyarakat yang dinilai berisiko terkena penyakit ginjal akan dirujuk ke RSUD Solok Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain skrining kesehatan, besok Minggu (5/5/2024) juga akan diadakan Car Free Day (CFD) bersama dan seminar  kesehatan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!