Breaking News

Thursday, June 13, 2024

Disperindag Provinsi Bersama H Nurfirman Wansyah, Dorong Pelaku IKM Solsel

Suasana pembukaan Bimtek Pengolahan Kuliner Angkatan II yang dibuka Sekdis Perindag Sumbar, Wiko Umar Dani, S.T. dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sumbar, H. Nurfirman Wansyah, Sekdis Koperindag Solsel, Devi Miskiliati dan Kabid Industri Agro, Ilmi ST. di Wisma Umi Kalsum, Kamis (13/6/2024). Foto Afrizal

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Guna meningkatkan inovasi dan kreasi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Wirausaha baru di Solok Selatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumbar melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Kuliner Angkatan II di Wisma Umi Kalsum, Kamis dan Jumat (13-14/6/2024).

Kegiatan Bimtek yang merupakan kerjasama dengan Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Drs. H. Nurfirman Wansyah, A. PT. MM melalui dana Pokir Tahun 2024 itu, secara resmi dibuka Kadis Perindag Provinsi Sumbar yang diwakili Sekretaris Perindag Provinsi Sumbar Wiko Umar Dani, S.T.

Sambutan Kadis Perindag Provinsi Sumbar Nofrial, SE.MA. AKt yang dibacakan Sekdis Wiko Umar Dani mengajak semua peserta untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dengan cara meningkatkan daya saing produk. Baik produk industri pengolahan makanan maupun minuman.

" Peningkatan daya saing tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan aneka olahan pangan yang bervariasi, kekinian, menarik, dan aman untuk dikonsumsi," harapnya.

Menurutnya keanekaragaman pangan tersebut adalah proses pemilihan pangan yang tidak tergantung pada satu jenis saja, tetapi diharapkan dari berbagai jenis bahan pangan, seperti pisang, kacang tanah, durian dan lain sebagainya yang merupakan bahan baku lokal Solok Selatan," ajak Kadis Perindag Sumbar.

Selain itu, pihaknya juga mengajak pelaku usaha untuk mampu mengolah dengan menerapkan manajemen usaha yang efektif dan efisien, dengan memperhatikan tempat produksi, pemilihan bahan baku, proses produksi sampai packing yang higienis dan halal.

Terakhir, legalitas usaha, mulai dari izin usaha, sertifikasi produk seperti PIRT, Halal, MD sebagai bukti kwalitas dari usaha kita," pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, H. Nurfirman Wansyah dikesempatan itu, mengajak semua pelaku IKM dan Wirausaha baru untuk mengikuti pelatihan dengan serius dan dapat mempraktekannya nanti.

Sehingga kegiatan ini tidak saja sebagai bentuk dukungan program unggulan Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar saja, tetapi mampu meningkatkan usaha dan perekonomian masyarakat yang bermuara terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan Sekretaris Dinas Koperindag Solsel, Devi Miskiliati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Disperidag Provinsi Sumbar untuk mendukung para IKM dan Wirausaha baru di Solok Selatan dalam kegiatan Bimtek.

Kegiatan ini tentu memiliki makna yang cukup tinggi dan penuh arti untuk masyarakat Solsel yang sudah memulai usaha dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Pelaksana kegiatan sebagaimana dikatakan Kabid Industri Agro, Ilmi ST mengajak 50 orang peserta Bimtek untuk terus meningkat wawasan dan ilmu terkait pembangunan usaha dan industri peserta.

Keinginan dan kemauan pelaku IKM dan Wirausaha menjadi penentu untuk terwujudnya usaha yang sedang ditekuni. Saat ini pihak Disperindag Provinsi hanya memotivasi dengan memberi ilmu serta pelatihan saja.

Muaranya, keberhasilan usaha tentu terletak ditangan para pelaku usaha, "pungkasnya.

Kegiatan Bimtek Pengolahan Kuliner Angkatan II tersebut dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat dengan menghadirkan Nara sumber dengan materi Canva Sebagai Pendorong Digital Marketing Bagi IKM, serta materi Diversifikasi Olahan Makanan dan Minuman Kekinian. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!