Breaking News

Thursday, June 13, 2024

Doa, Zikir saat Tahlilan di MAN 1 Solsel Bergema Untuk Alm. H. Kasmir

Kepala MAN 1 Solsel Plus Keterampilan Zulkifli, S. Ag memberikan arahan saat kegiatan tahlilan warga madrasah tersebut di halaman madrasah, Kamis (13/6/2024). Foto Humas MAN 1 SSPK, Ushatun Hasanah

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Doa, zikir, dan tahlil untuk almarhum H. Kasmir (Kakan Kemenag) Solok Selatan yang meninggal dunia Senin (10/6/2024) di RSUD Solok Selatan pukul 13.00 Wib terus mengalir dari seluruh keluarga besar Kemenag Solok Selatan.

Seperti halnya yang dilakukan seluruh civitas akademika MAI 1 Solok Selatan Plus Keterampilan di halaman madrasah tersebut di Bariang Rao-Rao, Kamis (13/6/2024).

Tradisi Tahlilan Manigo Hari yang digelar warga MAN 1 SSPK tersebut merupakan kebiasaan yang dilaksanakan  masyarakat di daerah tersebut.

Kronologi kegiatan tahlilan

Pertama kegiatan diawalu dengan pulang kato dari si Pangka ka Alek yang menyampaikan tujuan dan  maksud diadakan kegiatan ini, dalam hal ini disampaikan oleh siswa kls X dan XI, Setelah alek memahami maksud dan tujuan kegiatan maka dilanjutkan dengan pembacaan yasin , surat al-Ikhlas, An-Nas,
Al- Fatihah,

Rangkaian kegiatannya diawali 
Surat Al-baqarah, Selawat Nariyah, Tahlil dan Do'a.

Rangkain kegiatan diatas digelar secara bersama-sama dengan lantunan irama yang khas yang sangat kental dengan nuansa budaya Adat Minangkabau khususnya Solok Selatan.

Kegiatan ini sangat identik dengan muatan moderasi beragama yang merupakan Program Unggulan Kementerian Agama yang harus dilestarikan dan dijaga menuju Persatuan Ummat yang saling menghargai, jauh dari perpecahan antara sesama ummat beragama maupun yang beda agama.

Pada kesempatan ini kepala Madrasah Zulkifli. S.Ag menyampaikan Arahannya, 
" Kegiatan mendo'a pada manigo hari ini mudah-mudahan disampaikan pahalanya kepada almarhum Kakan Kemenag H. Kasmir yang di makamkan di Pandam Keluarga beliu di Batu Sangkar pada hari Selasa (11/6/2024)," jelas Zulkifli.

Ia juga berharap segala yang sudah diperbuat almarhum H. Kasmir di Solsel itu akan menjadi  Amal Sholeh disisi Allah Swt dan mengantarkan beliau kedalam jannahnya Allah, "pintanya.

" Kegiatan yang  kita gelar ini perlu dipupuk terus , sehingga tidak hilang dari Masyarakat dengan  adakan pelatihan dan pembinaan kepada siswa dan di masukkan.pada cabang lomba class meeting yg kita adakan saat ini, " tambah Zulkifli. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!