Breaking News

Wednesday, June 12, 2024

Kadis. Dagnakerkop. Berikan Materi Kewirausahaan di Daerah Destinasi Wisata

Kadis. Dagnakerkop dan UKM Jon Kenedi Menyampaikan Materi 




FS. Padang --- Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman Jon Kenedi berikan materi "Kewirausahaan di Daerah Destinasi Wisata" di Rocky Hotel pada Jum'at (7/06/2024).


Dia menuturkan, Kewirausahaan berasal dari istilah enterpreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata enterpreneur. Wirausaha adalah seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas.


Kata Jon, Kelebihan Wirausahawan: membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Keleluasaan dalam mengatur pekerjaan. Mengasah potensi diri semacam kreativitas dan sebagainya. Menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar dan memiliki kualitas kepemimpinan dalam diri.


"Kekurangan yang dapat dialami wirausahawan: Ketidak pastian waktu dalam menghasilkan pendapatan bahkan setelah mendirikan dan menjalankan usaha tersebut dan tanggung jawab terhadap karyawan yang dipimpin,"ulas Jon.


Dia menambahkan, Karekteristik Wirausahawan: Kesadaran tinggi untuk berinisiatif memajukan perusahaan dan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di dalam perusahaan.


Tidak ada kata gagal: Belajar berwirausaha sama seperti seseorang ingin pandai berenang. Belajar teori tanpa aksi adalah kegagalan yang sebenarnya. Dalam proses usaha, pasti ada masalah, apabila berhenti ketika menemui masalah itulah hakikat kegagalan.


Penuh semangat, hal yang menjadi penghargaan terbesar bagi pebisnis atau wirausahawan bukanlah tujuannya melainkan lebih kepada proses dan perjalanannya.


Kreatif dan inovatif, kreatifitas dan inovasi adalah modal bagi seorang pengusaha. Seorang wirausaha tidak boleh berhenti dalam berkreativitas dan berinovasi dalam segala hal.


"Peka terhadap pasar atau dapat baca peluang pasar. Selalu melihat perubahan-perubahan trend pembelian dan penjualan pasar. Dan Bisa memprediksi kemungkinan yang akan terjadi akibat perubahan-perubahan trend pembelian dan penjualan pasar,"ungkap Jon Kenedi (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!