Breaking News

Wednesday, June 26, 2024

Ketua Bawaslu Pariaman: 1,2 % Pemilih Tidak Terdaftar di DPT Pada Pemilu 2024

Launching Posko Kawal Pemilu Oleh Bawaslu Kota Pariaman dihadiri juga Oleh Komisioner Bawaslu Profinsi Sumbar.



FS.Pariaman --- Bawaslu Kota Pariaman, Launching Posko Kawal Hak Pilih di kantor Bawaslu Kel. Kampung Perak Kec. Pariaman Tengah pada Rabu (26/06/2024).



Dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Pariaman Riswan Mengatakan, bahwa saat ini Panwascam dan PKD sedang melakukan pengawasan pencoklitan di lapangan.


"Disamping itu kita juga melakukan evaluasi terhdap data pemilih Pemilu 2024.  Yang hasilnya bahwa ada lebih kurang 800 orang warga kota Pariaman yang tidak terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap),"ungkap Riswan.


Atau 1,2% dari jumlah pemilih yang terdaftar. Walaupun di hari H, mereka itu masih bisa memilih, dengan masuk kedalam daftar pemilih khusus (DPK).


"Kemudian kita menemukan yang tidak memiliki hak suara dalam memilih. Namun mereka berpeluang juga untuk memberikan hak suara, dengan berbagai alasan,"ujar Riswan.


Jadi lanjutnya, berdasarkan evaluasi di Pemilu 2024 kemarin dilakukanlah pemetaan. Dan membuat beberapa proes pencegahan untuk Pilkada tahun Nofember 2024.



"Dan kita harapkan dengan pengawasan melekat yang terus di update dimasa pencoklitan ini. Mengurangi erroe yang dilakukan pantarlih di masa pencoklitan sekarang,"kata Riswan 


Kemudian kata Riswan, yang perlu kita awasi lagi adalah. Daerah perbatasan yang ada di kota Pariaman dengan Kabupaten tetangga.


"Barangkali Pantarlih, ada juga yang tidak mengetahuinya. Nah dengan proses pengawasan inilah kita dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika ditemukan kesalahan pendataan saat dilapangan," pungkas Riswan (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!