Breaking News

Wednesday, May 29, 2024

MTQ di Bungtekab, Pj Wako Andree: Alquran, Kitab yang Dapat Dihafal


FS.Padang(SUMBAR)– Penjabat (PJ) Wali Kota Padang Andree H Algamar membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 antar Kelurahan di Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Rabu (29/5/2024). Lomba MTQ tersebut merupakan ajang meningkatkan kualitas qori dan qoriah, serta pengetahuan, pemahaman isi dalam kandungan Alquran.

“Alquran merupakan satu-satunya kitab yang bisa dihafal dan dapat diperlombakan membacanya, hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga isi Alquran dari masa ke masa,” ungkap Andree. 

Andree menyebut, MTQ merupakan kegiatan untuk memotivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari dan memahami kandungan Alquran bagi putra dan putri. 

Ditambahkannya, sebagai sumber rujukan utama dan pedoman dalam kehidupan diharapkan dapat terakomodasi dalam penyelenggaraan MTQ tersebut. Hal tersebut tentu memerlukan pengaturan yang cermat dan sistematis, sehingga sasaran yang hendak dicapai dapat terwujud.

"Sasaran ini bukan hanya terkait dengan kesuksesan penyelenggaraan, melainkan juga harus mampu memperlebar peluang tercapainya segala tujuan substansial dari penyelenggaraan MTQ itu sendiri," ujarnya. 

Selain itu, Pj Wako menyatakan bahwa pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2003 tentang wajib baca tulis Alquran bagi peserta didik sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, serta intruksi Wali Kota Padang tentang pelaksanaan Pesantren Ramadan, wirid remaja, dan didikan subuh bagi siswa SD/MI, SLTP/MTs, SLTA/MA se-Kota Padang.

"Pemerintah Kota Padang terus memfokuskan program dan kegiatan pada upaya pembinaan mental dan spiritual pada masyarakat khususnya generasi muda," tuturnya.

Ia berharap semoga dengan acara tersebut mampu memberikan dampak yang baik dengan membaca Alquran terus menerus, seperti mengurangi angka kriminalitas serta melahirkan hal - hal yang positif untuk ke depannya. (Ham/Charlie)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!