Breaking News

Thursday, June 13, 2024

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah



Harmen Aminuddin Saat Menyampaikan Materi


FS. Padang --- Sekretaris Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Harmen Aminuddin memberikan materi "Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)" pada hari ketiga di Rocky Hotel pada Minggu (9/06/2024).


Harmen mengatakan, Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat indonesia.


Khususnya melalui penyediaan lapangan-lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan serta mengurangi tingkat kemiskinan.


"Bagaimana cara pemberdayaan UMKM. Dengan mencermati permasalahan yang ada dalam usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) maka kedepannya perlu diupayakan melalui hal sebagai berikut:


✓ Penciptaan iklim usaha kondusif

✓ Bantuan Permodalan 

✓ Pengembangan Kemitraan 

✓ Pelatihan dan sosialisasi 

✓ Pembentukan Tenaga Khusus

✓ Memantapkan Asosiasi


Bagaimana peran pemerintah dalam pengembangan UMKM: Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pelaku UMKM untuk dapat bermitra dengan pelaku usaha PMDN, PMA dan CSR perusahaan swasta.


"Saat ini proses pendaftaran hak kekayaan intelektual lebih mudah dan sederhana. Begitu juga untuk impor bahan baku dan bahan penolong industri dipermudah, sekaligus fasilitas ekspor bagi UMKM,"ungkap dia.


Bagaimana peran pemerintah dalam pemberdayaan UMKM: peran pemerintah sebagai regulator yaitu membuat kebijakan-kebijakan sehingga mempermudah usaha UMKM dalam pengembangan usahanya. 


"Sebagai regulator pemerintah berfungsi untuk menjaga kondisi lingkungan usaha tetap kondusif, sehingga UMKM itu sendiri dapat berkembang,"tutup Harmen (wrm)









No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!