Breaking News

Tuesday, June 25, 2024

Pemkab Solsel Antisipasi Ancaman Penggerusan Jembatan Jalan Nasional Batang Belangir

Pihak DPUTRP Kabupaten Solsel, melakukan pengerukan sirtukil drainase dengan alat berat di dekat jembatan jalan nasional Batang Belangir, Jorong Lekok, Kecamatan Sangir, Selasa (25/6/2024). Foto : Afrizal

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Gerak Cepat. Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pertanahan (DPUTRP) Kabupaten Solok Selatan perbaiki drainase yang luapan airnya mengancam jalan nasional di dekat Jembatan Batang Belangir, Kecamatan Sangir, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris DPUTRP Solok Selatan, Alvino Sendra didampingi Kabid Bina Marga, Krismanto Maulino, Kabag Umum dan peralatan, Edi Miswar, kepada awak media menjelaskan, bahwa Bupati Solsel  perintahkan pihak DPUTRP Solok Selatan untuk membenahi luapan air yang mengancam jalan  dan Jembatan yang di Jorong Lekok Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

" Kita melakukan pengerukan drainase yang tersumbat dan drainase yang sudah penuh oleh sirtukil di dekat lokasi jalan nasional dan Jembatan Batang Belangir tersebut, agar tidak terjadi penggerusan badan jalan dan amblasnya Jembatan," jelas Alvino.

Menurut Alvino, pihaknya melaksanakan perbaikan dan pembenahan ini, mengantisipasi anggapan banyak pihak, seolah-olah Pemda Solsel tidak tanggap dengan kondisi meluapnya air dari drainase di dekat jembatan tersebut, yang seharusnya ini adalah tanggungjawab perawatan oleh pihak Balai Pelaksaan Jalan Nasional Sumatera Barat.

" Bupati merasa tidak enak melihat kondisi jalan dan jembatan Batang Belangir tersebut selalu di aliri air dari drainase yang ada di sana," jelas Alvino 

Menurutnya, tadi pihak Bidang Bina Marga yang dipimpin Kabid Bina Marga, Krismanto Maulino dan Kasubag Umum dan Peralatan DPUTRP Solsel, Edi Miswar melakukan pengerukan sirtukil di drainase sepanjang 50 meter. " Seharusnya, drainase ini harus dikeruk dan diperlebar sepanjang +- 300 meter dan dipasang pasangan batu, sehingga aliran air yang melalui drainase tersebut tidak lagi meluap, " papar Alvino.

Turut dalam perbaikan dan pengerukan sirtukil di area Jorong Lekok tersebut, camat sangir,  pihak Pemadam Kebakaran Solsel, dibawah pimpinan Arnonsyah dan pihak dari Kecamatan dan Nagari," demikian Alvino. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!