Breaking News

Saturday, June 29, 2024

PT. SEML Dukung Pemda Solsel Bangun SDM Melalui Bantuan Beasiswa

Para penerima beasiswa kategori Tunas Pratama dari PT. SEML foto bersama dengan para pejabat perusahaan panas bumi di Solok Selatan.

FS.Solok Selatan (Sumbar)
- Sebagai salah satu perusahaan yang ada di Solok Selatan, PT. Supreme Energi Muara Laboh (SEML), keberadaannya sudah banyak menyentuh berbagai pihak dalam berbagai bentuk dukungan kegiatan.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan untuk putra-putri Solok Selatan yang tengah menempuh pendidikan, PT SEML memberikan beasiswa untuk 25 orang siswa yang berasal dari MAN 1 Solsel, SMAN 1, SMAN 4 Solsel, SMAN 6 dan SMAN 3 Solsel.

Artinya, dari 5 sekolah yang siswanya mengikuti tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh Tim PT. SEML, tercatat sebanyak 25 orang siswa kelas XII yang akan mengikuti perkuliahan di Perguruan Tinggi berhasil memperoleh beasiswa di SEML.

Kepala MAN 1 Solsel, Zulkifli, S. Ag didampingi Waka Humas Ushatun Hasanah, saat simulasi Kompetensi Sains Madrasah (KSM) di madrasah tersebut, Jumat (28/6/2024) membenarkan bahwa ada siswanya yang lulus SNBP atas nama Wafdan yang menerima beasiswa dari PT. SEML.

" Wafdan ini jurusan IPA di MAN 1 Solsel, tamat tahun ajaran 2023/2024 dan lulus SNBP jurusan Teknik Mesin di Unand Padang," jelasnya.

Keberhasilan ini tentu menjadi motivasi dan apreasiasi kami pada pihak Supreme Muara Laboh yang sudah peduli dengan kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Solok Selatan. " Apalagi bagi yang berasal dari sekolah Madrasah. Ini sebuah penghargaan dan kesempatan memperoleh beasiswa dari PT SEML yang sama dengan sekolah umum lainnya," tambah Zulkifli.

Bicara kepedulian PT. SEML untuk pembangunan SDM di Solsel, tentu tidak di berikan begitu saja, namun melakukan sebuah peoses, antara lain pada tahun 2022 lalu PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML), menggelar Stakeholder Meeting untuk penyusunan usulan program CSR Perusahaan. Turut hadir saat itu Bupati Solok Selatan, Kadis PTSP Solok Selatan, Kadis Pertanian, Camat Sungai Pagu, Camat Pauh Duo, Ketua Komite Nagari dan berbagai pihak lainnya.


Stakeholder Meeting merupakan kegiatan CSR perusahaan SEML untuk menyerap aspirasi, karena CSR di PT SEML itu harus disosialisasikan, dan harus disinergikan dengan pemerintah. 

Dalam rangkaian kegiatan yang bermanfaat itu, sampaikanlah apa yang menjadi program program kelompok masyarakat atau kelompok sosial. Sehingga ke depan nanti akan terbangun sebuah kerjasama dan kebersamaan. 

"Berikan kami masukan yang cerdas untuk membangun Solok Selatan, kita berpikir untuk Solok Selatan, "ujar Bujang Joan saat itu.

Ditambahkannya, kegiatan CSR Sosial ini tetap juga memiliki keterbatasan, karena berbanding lurus dengan investasi dengan perusahaan, namun CSR ini akan tetapi dilakukan setiap tahun. 

Kami berharap program beasiswa ini berlanjut dan tahun depan bisa bertambah kuotanya. Proses seleksi memang dilakukan secara profesional dan melibatkan konsultan pendidikan dari Jakarta sehingga murni kemampuan akademik siswa," bebernya.

Sementara itu, khusus untuk dukungan SDM bagi pelajar di Solok Selatan, Site Support Manager PT SEML, Erwin Patrisa Floris didampingi Relation PT. SEML, M. Roza saat di konfirmasi, Sabtu (29/6/2024) pihaknya menjaleskan bahwa sedikitnya ada tiga kategori beasiswa yang sudah di siapkan PT. SEML, untuk pelajar dan mahasiswa Solsel.

Dia menyatakan dari tiga kategori beasiswa pendidikan itu diantaranya:
1. Beasiswa Tunas Pratama untuk pelajar kelas XII SMA/MA diberikan biaya pendidikan Rp5 juta/tahun dan melewati proses seleksi psikotes, wawancara dan nilai rata-rata diatas 85 (sekolah di Solsel dan berasal dari Solsel).

Berikutnya, Beasiswa Tunas Madya untuk pelajar sedang proses lulus SNBP dan SNBT di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jurusan teknik (sekolah di Solsel dan berasal dari Solsel).

Biaya hidup ditanggung sampai tamat kuliah dengan syarat membuat video singkat dengan konsep "mengapa harus mendapatkan beasiswa tunas Madya PT SEML dan mengambil prodi/jurusan yang diambil di PTN.

Selain itu juga mengikuti Medical Check Up (MCU), psikotes dan tes akademik.
Terakhir, beasiswa Tunas Cerdas untuk mahasiswa minimal semester 3 dan maksimal semester 6 (KTP  Solsel). Diutamakan penerima PKH, IPK terakhir 3,5 dan membuat essai 4.000 kata tema "partisipasi dalam mendukung pengembangan energi bersih di Indonesia" diberikan bantuan uang kuliah maksimal Rp10 juta/tahun.

" Baru-bari ini ada 5 sekolah yang mendapatkan kuota untuk 25 program beasiswa masing-masing yang terjaring MAN 1 sebanyak 1 orang, SMAN 1 sebanyak 12 orang, SMAN 4 nihil, SMAN 6 sebanyak 4 orang dan SMAN 3 sebanyak 8 orang siswa," ujarnya 

Menurutnya, "terbukti anak-anak Solok Selatan itu bisa bersaing di tingkat regional bahkan nasional. Dari 25 anak kelas 12 di 5 sekolah itu yang terima beasiswa pendidikan, 64 persen lulus SNBP dan SNBT," sebutnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!