Breaking News

Saturday, June 01, 2024

Tingkatkan Pemahaman Prosedur Legislasi, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Bimtek di Bali


FS.Padang(SUMBAR)-
Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan profesionalisme, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Provinsi Bali. Bimtek diselenggarakan selama tiga hari dari 27 Mei hingga 29 Mei 2024, bertempat di Hotel Grand Mega Resort & Spa Bali, Ngurah Rai, Bali. 

Kegiatan tersebut dibuka ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, dihadiri para wakil ketua, Amril Amin, Arnedi Yarmen, Ilham Maulana, sekretaris dewan, Hendrizal Azhar dan 42 anggota DPRD.

Sekretaris DPRD Padang, Hendrizal Azhar dalam laporannya mengatakan tujuan dari Bimtek agar pimpinan dan anggota DPRD memahami prosedur legislasi, termasuk mengusulkan, membahas, dan menyetujui peraturan daerah. 

"Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota DPRD dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, "ujar Hendrizal Azhar.

Selai itu, bimtek juga dapat membantu pimpinan dan anggota DPRD untuk lebih memahami dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Begitu juga pada peran pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah. 

Mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan terbaru terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang, pimpinan dan anggota DPRD  Padang ikuti bimbingan teknis (bimtek) untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD.

Ini mencakup cara berkomunikasi dengan konstituen, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan. Dan mencakup proses pembentukan peraturan, pembahasan anggaran, dan fungsi legislatif lainnya. 

Tidak kalah penting dalam membangun relasi kemitraan dengan eksekutif untuk pembangunan daerah. Bimtek tersebut mengambil tema 'Pembahasan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) serta Achievement Motivation Purna Bhakti DPRD'.

Sementara itu, ketua DPRD Syafrial Kani menuturkan bimtek terselenggara dengan bekerjasama dengan LPM Universitas Dwijendra, Denpasar, dengan materi, penyusunan rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), dan Achievement Motivation Purnabakti pimpinan dan anggota DPRD. 

Maka tepat sekali jika materi-materi tersebut dibahas dalam kegiatan Bimtek dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, guna mendukung peningkatan pengetahuan dan pemahaman sebagai pimpinan dan anggota DPRD dalam melaksanakan tugas.

Sebagai pimpinan, Syafrial Kani berharap kepada peserta kegiatan bimbingan teknis pendalaman tugas, agar dapat mengikutinya dengan serius, dan sungguh-sungguh. Dikatakan, ketiga materi ini sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi pemerintahan  Kota Padang Padang saat ini. 

"Semoga waktu yang tiga hari dari 27 s/d 29 Mei 2024 memberi arti dan manfaat bagi peserta guna peningkatan profesionalisme dan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai anggota DPRD", harap Syafrial Kani.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!