Breaking News

Thursday, July 04, 2024

7 Juli Besok, Pemprov Sumbar Resmikan Nama Masjid Raya Sumbar menjadi 'Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi'


FS.Padang(SUMBAR)-
Dalam peringatan 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan meresmikan pemberian nama “Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi” untuk Masjid Raya Sumbar.

Demikian disampaikan Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar H. Al Amin, S.Sos., MM. dalam jumpa pers di Kantor Kominfotik Sumbar, Jalan Pramuka, Padang, Kamis (4/7/2024). Hadir mendampingi Al Amin, Kabid IKP Diskominfotik Sumbar Indra Sukma.

Menurut Al Almin, pemberian nama Masjid Raya Sumbar dengan nama ulama terkenal Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi setelah mendengarkan banyak masukan, pertimbangan serta saran dari berbagai pihak dan tokoh-tokoh. Tentunya setelah pula mendapatkan izin penggunaan nama dari Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi yang berada di Saudi Arabia.

“Kita jadikan momentum peringatan 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2024 untuk meresmikan pemakaian nama Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabaw untuk Masjid Raya Sumbar,” kata Al Amin.

Kepala Biro Kesra Pemprov Sumbar Al Amin, S.Sos.,MM, Dalam peresmian penggunaan nama ini, Pemprov Sumbar mengundang langsung Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, seluruh organisasi Islam yang ada di Sumatera Barat, lalu mantan Gubernur Sumbar yang menggagas pembangunan hingga selesai pembangunan, yaitu Gamawan Fauzi dan Irwan Prayitno, serta warga Sumbar khususnya Kota Padang.

“Insya Allah Pak Gamawan Fauzi yang menggagas pembangunan Masjid Raya Sumbar datang, juga Pak Irwan Prayitno yang meresmikan Masjid Raya Sumbar serta Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi yang akan meresmikan pemberian nama Masjid Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi,” kata Al Amin seraya menambahkan bahwa Pemprov Sumbar juga akan mengadakan Kuliah Umum tentang sejarah Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi ini ke beberapa universitas yang ada di Sumatera Barat.


Dalam jumpa pers tersebut, Kadiskominfotik Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid IKP Indra Sukma mengatakan, bahwa pihaknya sudah mensosialisasikan pemberian nama masjid ini kepada masyarakat melalui berbagai saluran informasi yang dimiliki Diskominfotik.

“Kita juga berharap dengan adanya jumpa pers kali ini, rekan-rekan media dan pers juga dapat menyebar luaskan informasi pemberian nama Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi kepada Masjid Raya Sumbar ini,” kata Indra Sukma. (***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!