Breaking News

Sunday, July 28, 2024

Asosiasi Bank Sampah Indonesia Kota Padang Bertemu Calon Walikota Fadly Amran, Bahas Visi Misi Pengelolaan Sampah


FS.Padang(SUMBAR)- 
DPD Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kota Padang hari ini menggelar temu ramah dengan Bapak Fadly Amran, salah satu calon Walikota Padang. Kegiatan yang berlangsung di Bank Sampah Ampang Saiyo Mandiri ini bertujuan untuk mendapatkan informasi langsung dari calon pemimpin Kota Padang terkait visi dan misi dalam pengelolaan sampah.

Dalam pertemuan tersebut, pengurus ASOBSI menyampaikan sejumlah aspirasi dan harapan terkait pengembangan bank sampah di Kota Padang. Beberapa poin penting yang dibahas antara lain:

1. Insentif bagi Pengurus Bank Sampah
ASOBSI mengusulkan agar pengurus bank sampah yang tergabung dalam DPD ASOBSI Kota Padang diberikan insentif sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dalam menjalankan tugas. Selain itu, pengurus bank sampah juga diharapkan dapat diangkat menjadi fasilitator dan diberikan Surat Keputusan (SK) oleh Walikota.

2. Pengolahan Sampah Organik
ASOBSI mendorong pemerintah kota untuk menyediakan alat pengomposan di setiap kecamatan yang mampu mengolah sampah organik menjadi kompos dalam waktu 24 jam. Hal ini diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

3. Nasabah Bank Sampah
ASOBSI mengusulkan agar ASN, non-ASN, penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), dan penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) diwajibkan menjadi nasabah bank sampah. Usulan ini diharapkan dapat tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah Kota Padang.
Syaifuddin Islami, perwakilan DPD ASOBSI Kota Padang, dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah. "Bank sampah harus menjadi perhatian serius pemerintah. Dengan jumlah bank sampah yang mencapai lebih dari 500 unit, potensi untuk mengurangi sampah sangat besar," ujar Syaifuddin.

ASOBSI juga berharap agar pemerintah kota dapat menjadikan bank sampah sebagai ujung tombak dalam pengurangan sampah. Untuk mendukung hal tersebut, ASOBSI meminta agar pemerintah menyediakan anggaran yang memadai untuk pengembangan dan kemajuan bank sampah. Selain itu, ASOBSI juga mengusulkan agar setiap kecamatan memiliki Bank Sampah Induk dan dibangun industri pengolahan plastik dan kertas di Kota Padang.

Fadly Amran, calon Walikota Padang, menyambut baik aspirasi yang disampaikan oleh ASOBSI. "Saya sangat mengapresiasi peran bank sampah dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Ke depan, saya akan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada bank sampah agar dapat berkembang lebih baik," tegas Fadly Amran.
Fadly juga menyampaikan bahwa beliau didukung oleh anggota dewan terpilih dari partai nasden Kota Padang yang Insya Allah menjadi unsur pimpinan di DPRD Kota Padang periode 2024-2029. Akan sangat kuat nanti jika beliau memimpin kota Padang.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!