Breaking News

Friday, July 12, 2024

Bawaslu Pessel Bersama Stakeholder Lakukan Penertiban APK Calon DPD RI

                                             12 Juli 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Kampanye tidak ada dilaksanakan menjelang pelaksanaan PSU Anggota DPD RI Dapil Provinsi Sumatera Barat. Hal itu sudah disebutkan secara jelas dalam putusan MK yang dibacakan Ketua MK, Suhartoyo pada 10 Juni lalu.  Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan,  Afriki Musmaidi, Jumat (12/7). 

Afriki mengatakan, menindaklanjuti hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan melakukan penertiban terhadap APK dan bahan kampanye bersama stakeholders pada 12 Juli 2024.

Stakeholder itu antara lain, Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, kepolisian, hingga TNI. Penertiban APK itu juga dilaksanakan sampai tingkat nagari oleh Panwaslu Kecamatan dan PKD se-Kabupaten Pesisir Selatan. 

"Sebelumnya juga dilakukan apel terlebih dahulu di Kantor Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan yang dipimpin langsung Anggota/Koordinator Divisi P2H, Nurmaidi. Apel diikuti oleh perwakilan stakeholders di atas, Panwaslu Kecamatan IV Jurai, dan PKD se-Kecamatan IV Jurai, " ungkapnya. 

Selanjutnya, menjelang PSU anggota DPD RI, juga telah dilakukan pelantikan sebanyak 1.640 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kabupaten Pesisir Selatan. 

Pelantikan itu dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan setempat dengan mengambil lokasi antara lain kantor camat, aula Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP), hingga aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). 

Ia mengatakan, PTPS ini dilantik dalam rangka mengawal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Calon Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Sabtu (13/7). 

Dikatakan, beberapa lokasi dikunjungi langsung oleh pimpinan dan pejabat di lingkungan Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan seperti pelantikan PTPS se-Kecamatan Ranah Pesisir yang dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Nurmaidi serta PTPS se-Kecamatan Koto XI Tarusan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi. 

Diharapkan PTPS  melaksanakan fungsinya dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang ada. Kemudian masyarakat juga diminta partisipasinya dalam mengawasi pelaksanaan PSU Calon Anggota DPD RI Dapil Sumatera Barat tersebut.

"Saat ini pihak Bawaslu beserta jajaran terus melakukan pengawasan pendistribusian  logistik Pemilu untuk PSU  secara intensif. Diharapkan PSU nantinya dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu sangat dibutuhkan dukungan semua pihak," harapnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!