Breaking News

Friday, July 12, 2024

Dinas Dukcapil Pessel Targetkan Perekaman KTP-e Sebanyak 14.833 Keping Tahun 2024

                                             12 Juli 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) targetkan perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) tahun 2024 ini sebanyak 14.833 keping. Dari target itu, hingga 12 Juli 2024 baru tercapai sebanyak 7.235 keping atau masih kurang dari 50 persen.  

Kepala Dinas Dukcapil Pessel, Beriskhan, menjelaskan kepada media ini Jumat (12/7) bahwa saat ini petugasnya di beberapa Unit Kerja Layanan (UKL) Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) mengalami keterkendala,an dalam melakukan pencetakkan dan perekaman data KTP-e.

"Hal itu terjadi karena peralatan perekaman data KTP elektronik dan Printer di beberapa UKL mengalami kerusakan," katanya.

Dijelaskannya bahwa di daerah itu ada sebanyak 15 UKL Dukcapil Kecamatan, satu kecamatan ada satu unit alat perekam serta Printer.

"Sekarang seluruhnya mengalami kerusakan, karena rusak otomatis seluruh aktivitas perekaman serta pencetakan terhenti pula. Bila kondisi ini berkepanjangan, maka sisa target yang belum tercapai itu akan terkendala," katanya.

Agar kekhawatiran  itu tidak sampai terjadi, sehingga dia berharap bantuan alokasi dana dari Pemkab Pessel untuk memperbaiki peralatan yang rusak tersebut. Sebab Dinas Dukcapil tidak memiliki anggaran untuk melakukan perbaikannya.

"Minimnya anggaran Dinas Dukcapil Pesisir Selatan menjadi kendala bagi kami untuk perbaikan peralatan perekaman serta printer yang terdapat di UKL Kecamatan tersebut. Kerusakan itu terjadi karena faktor usia yang sudah tua. Dari itu kami berharap bantuan dana dari Pemkab Pessel untuk mengatasi kerusakan alat tersebut agar target perekaman pemilih pemula untuk mendapatkan KTP-el tercapai," harapnya.

Dia menjelaskan bahwa awalnya hanya beberapa saja yang rusak, karena intensitas pemakaian alat yang tinggi, sementara jaringan pengiriman data yang telah direkam tidak stabil, membuat alat menjadi bermasalah.

"Padahal perekaman KTP-e pemula merupakan salah satu target yang diberikan kepada masing-masing UKL. Makanya semua UKL Kecamatan terus mengenjot target perekaman KTP elektronik sejak beberapa bulan terakhir untuk menyukseskan Pilkada tahun 2024 ini," tutupnya.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!