Breaking News

Thursday, July 11, 2024

Dinas Pertanian Pessel Survei Lahan Pertanian Yang Masuk Usulan AUTP

                                            11 Juli 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Bidang Sarana dan Prasarana (Sapras) lakukan survey dan peninjauan terkait pengajuan klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Kelompok Tani Rayap Bersama, Nagari Simpang Lama Inderpura, Kecamatan Pancung Soal.

Survei tersebut dilakukan bersama petugas PT Jasindo Cabang Padang, serta juga BPP Kecamatan Pancung Soal Kamis (11/7).

Kepala Bidang (Kabid) Sapras Dinas Pertanian Pessel, Handro Kurniawan, mengatakan kepada media ini Jumat (12/7) bahwa pengajuan klaim AUTP merupakan tuntutan ganti-rugi oleh kelompok Tani yang sudah terdaftar karena terjadinya kerusakan tanaman padi akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) yang dijamin polis.

"Ganti rugi yang ditanggung yaitu kerusakan tanaman padi gagal panen dengan intensitas dan luas kerusakan sudah mencapai 75 persen per petak. Umur padi yang sudah melewati 10 hari setelah tanam (HST), diberi ganti rugi sebesar Rp 6 juta per hektar. Berdasarkan hal itu, sehingga kita melakukan survei bersama petugas PT Jasindo Cabang Padang," katanya.

Dia menjelaskan bahwa survei tersebut merupakan tindak lanjut dari pengajuan klaim AUTP dari kelompok tani karena tanaman padinya terkena serangan hama penggerek batang berdasarkan hasil survey yang dilakukan  POPT Kecamatan Pancung Soal.

"Survei dilakukan dengan cara mengukur luas tanaman padi terkena serangan yang sudah mencapai 75 persen menggunakan peralatan Global Positioning System (GPS). Hasil survei ini menjadi data untuk mengisi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kerusakan yang akan diupload pada aplikasi Sistim Informasi Asuransi Pertanian (SIAP)," terangnya.

Ditambahkannya bahwa hasil survey tersebut akan ditindaklanjuti oleh PT Jasindo sebagai perusahaan pelaksana asuransi pertanian.

"Melalui suvey ini diharapkan petani mendapatkan ganti rugi sesuai hasil survei, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha tani padi pada musim tanam berikutnya," tutup Hendro.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!