Breaking News

Saturday, July 13, 2024

Karena Ketokohannya, Partai Politik Lirik Syafrizal Ucok Maju di Pilkada Pessel

Syafrizal Ucok

FS.Pessel(SUMBAR)- 
Di santero Kabupaten Pesisir Selatan, nyaris tidak ada warga yang tidak mengenal akan sosok Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah. Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2010 ini memang dikenal merakyat, karena masa kecilnya lama di Kota Painan dan nyaris bergaul dengan semua kalangan di masyarakat.

“Saya masa kecil menjadi anak pantai, ikut maelo pukek, pergi  memancing dan menjaring ikan ke tengah laut. Paling sering ikut membantu para nelayan mengangkat ikan hasil tangkapan. Kompensasinya saya mendapatkan sekantong ikan, yang sebagian bisa dijual untuk jajan dan sisanya dibawa pulang untuk dijadikan sambal,” kata Syafrizal Ucok mengenang masa kecilnya dalam perbincangan santai pada Sabtu (13/7/2024).

Karena besar di Painan, Syafrizal Ucok mengenal dan dikenal oleh semua lapisan masyarakat khususnya di Painan dan Kecamatan IV Jurai pada umumnya. Setelah menjadi Wakil Bupati Pesisir Selatan pada 2005-2010, kemudian Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan sejak tahun 2008 dan kini menjabat Ketua LKAAM Pesisir Selatan (2019-2024), maka masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Persisir Selatan hampir pasti mengenal dengan baik Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah.

Syafrizal Ucok belum lama pensiun dari Aparatur Sipil Negara. Tepatnya hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022 adalah hari terakhir pengabdiannya sebagai ASN di Pemprov Sumbar dengan jabatan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan. Terhitung 1 Januari 2023, pria yang lahir tanggal 22 Desember 1962 ini resmi memasuki masa pensiun dengan pangkat terakhir Pembina Utama (IV-e).

“Alhamdulillah, saya telah menyelesaikan masa pengabdian kepada negara sebagai ASN selama 40 tahun 8 bulan, mulai dari pangkat II-a hingga pensiun dengan pangkat IV-e. Ini merupakan nikmat Allah SWT yang tidak terkira kepada saya dan keluarga, yang kami syukuri sedalam-dalamnya,” kata Syafrizal Ucok.

Hari-harinya pasca pensiun, kesibukan dinas Syafrizal Ucok ternyata tidak berkurang. Pemprov Sumbar melalui SK Gubernur Sumbar Syafrizal Ucok diangkat sebagai Ketua Lapangan Tim Percepatan Lahan Jalan Tol Sumbar membantu Ketua Tim Percepatan Lahan Jalan Tol Wakil Gubernur Audy Joynaldi. Tugasnya adalah membantu dan memastikan lahan jalan tol Padang-Sicincin selesai dibebaskan dan dapat dikerjakan konstruksinya. Karena itu tugasnya adalah melakukan pendampingan kepada masyarakat pemilik lahan dan pemerintahan Nagari, Kecamatan dan Pemda Padang Pariaman, kemudian mengkordinasikan dengan aparatur di tingkat provinsi dan PT Hutama Karya sebagai pelaksana pembangunan jalan tol.

Memulai Karir dari Bawah
Syafrizal Ucok sebenarnya adalah atlit bulutangkis. Ia adalah pemain bulutangkis peraih medali emas dalam PORDA Sumatera Barat mewakili Pesisir Selatan. Prestasi bulutangkis itu pula yang mengantar Syafrizal Ucok menjadi ASN pada Dinas Perkebunan Sumbar, dimana ia pernah menjadi Bendahara dan Penyuluh Perkebunan. Setelah itu karirnya berpindah ke Rumah Bagonjong Kantor Gubernur sebagai Kabag Tata Praja Biro Pemerintahan Umum (1996-2000).

Kemudian Syafrizal Ucok ditugaskan mengabdi ke kampung halamannya Pesisir Selatan sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Pessel (2000-2001), kemudian mendapat amanah sebagai Wakil Bupati Pesisir Selatan (2005-2010). Selepas menjadi Wabup, Syafrizal Ucok maju bertarung dalam Pemilihan Bupati Pesisir Selatan (2010-2015) sebagai Calon Bupati berpasangan dengan Saidal Masfiyudin. Namun dewi fortuna belum berpihak pada pasangan “Syafsa” ini, karena kalah suara dari pasangan Nasrul Abit-Editiawarman.

Pasca kalah dalam pemilihan Bupati Pesisir Selatan, Syafrizal Ucok diamanahkan menjadi Staf Ahli Pemerintahan Pemkab Padang Pariaman (2010-2011), kemudian ia ditarik oleh Gubernur Irwan Prayitno ke Pemprov Sumbar menjadi Kepala Biro Pemerintahan (2011-2014). Hanya sebentar menjadi Kepala Biro, Syafrizal Ucok dipercaya memangku jabatan Kepala Dinas PMD Sumbar (2014-2021). Pada masa menjadi Kadis PMD ini, dua kali jabatan Pj Bupati diamanahkan kepada Syafrizal Ucok yaitu Pj Bupati Dharmasraya (2015-2016) dan Pj Bupati Kepulauan Mentawai (2016-2017).

Dengan jabatan terlama di Dinas PMD Sumbar, Syafrizal Ucok mengukir banyak prestasi untuk daerah, salah satunya mempersembahkan Nagari Taram sebagai Juara Lomba Desa/Nagari Nasional tahun 2019. Kemudian sejak tahun 2021, dipercaya Kabinet Mahyeldi-Audy sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, sekaligus dengan tugas khusus Ketua Lapangan Tim Percepatan Lahan Jalan Tol Sumbar.

Selain di pemerintahan, Syafrizal Ucok sebagai penghulu adat juga mendapat kepercayaan jabatan yaitu Wakil Ketua Umum LKAAM Sumbar (2022-2026), Ketum LKAAM Pessel (2019-2024), Ketua KAN Painan (2018-2028). Di organisasi diamanahi jabatan Ketua IKPS Sumbar (2017-2022), Ketua PBSI Sumbar (2011-2016), Ketua KB FK-PPI Sumbar (2018-2022), Ketua KBPP Polri Sumbar (2020-2024), dan Wakil Ketua Kosgoro Sumbar (2010-2015).

Sebagai mantan atlet bulutangkis Porda Sumbar, Syafrizal Ucok tetap memiliki perhatian kepada dunia olahraga. Syafrizal Ucok pernah menjadi Ketua PBSI Sumbar (2011-2016), Wakil Ketua Dewan Pengawas PB PBSI (2012-2016) dan memimpin klub sepakbola di sebagai Ketua PS Pesisir Selatan (2010-2105). Bahkan dalam Pengurus PBSI Sumbar periode 2024-2027 Syafrizal Ucok masih didapuk sebagai Dewan Penasehat.

Tokoh Pesisir Selatan Potensial
Sebagai tokoh yang besar di Painan dan banyak berkarir di Pesisir Selatan serta memiliki pengaruh luas di masyarakat adat, maka Syafrizal Ucok selalu mendapat tawaran dari partai politik untuk maju sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati dalam setiap Pilkada, termasuk untuk Pilkada Serentak 27 November 2027 ini. Namun belum ada yang diputuskannya. Syafrizal Ucok lebih memilih melihat peta kekuatan politik dari calon-calon yang ada.

“Betul memang ada yang meminta saya maju, apakah sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati dalam Pilkada 2024 ini, tetapi belum saya putuskan apakah maju atau tidak. Saya masih meminta pertimbangan dari keluarga, dunsanak di IV Jurai Painan dan Batang Kapas, serta saran dari tokoh adat di KAN dan LKAAM se-Pesisir Selatan. Nanti ada waktunya saya mengambil sikap,” kata Syafrizal Ucok terus-terang.

Dari Partai Golkar, dimana Syafrizal Ucok menjadi salah satu Wakil Ketua DPD Golkar Sumbar, telah mengusulkan nama Syafrizal Ucok ke DPP Golkar sebagai salah satu Calon Bupati/Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2024-2029. Namun belum jelas dengan partai apa berkoalisi dan siapa sosok yang akan menjadi calon pasangan. Semua kemungkinan pasti sangat terbuka, karena lobi-lobi di tingkat elit partai masih berlangsung, baik di tingkat Pesisir Selatan, tingkat Sumbar maupun di tingkat DPP partai di Jakarta.

Keluarga sendiri, sepertinya sudah memberikan lampu hijau kepada Syafrizal Ucok untuk berlaga dalam Pilkada Pesisir Selatan tahun 2024. Sebab anak-anaknya sudah pada mandiri. Istri tercintanya Dra. Elianora, MM baru saja pensiun dari ASN Pemprov, dan dua putranya juga sudah memiliki karir yang mapan yaitu Ronald Bernando, S.STP kini menjadi Kacab UPT Samsat di Kota Payakumbuh dan Welly Bernando, SH.,M.Kn kini menjadi notaris di Provinsi Banten. (*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!