Breaking News

Friday, July 26, 2024

Kembangkan Sektor IKM, Pemda Tanah Datar Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan

 


FS  Tanah Datar (SUMABAR),- Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra memiliki Visi yang sangat mulia yaitu " Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani yang Berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ASB, SBK). Cita cita tersebut dituangkan dalam 6 Misi dan 10 Program Unggulan Kabupaten Tanah Datar.


Salah satu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar Madani yaitu Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar komitmen untuk mengembangkan Sektor Industri Kecil Menegah (IKM) sebagaimana sejalan dengan Misi kedua  yaitu "Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan Perluasan Lapangan Kerja yang Berbasis Pertanian, Industri dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)". 


"Meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat Tanah Datar merupakan salah satu cita-cita Pemerintah Daerah.Salah satunya adalah melalui peningkatan dan pengembangan Sektor IKM. Pelatihan yang kita laksanakan saat ini adalah salah satu bagian dari upaya tersebut. Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Eka Putra terus berupaya untuk mencari solusi, jalan keluar, membangun relasi ke Pusat untuk tujuan tersebut. Sehingga saat ini kita sudah semakin spesifik, kalau dahulu Dinasnya masih Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sekarang sudah menjadi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerin), jadi lebih khusus lagi dan menangani masalah industri, IKM, UMKM dan Tenaga kerja. Ada Industri tentunya ada Tenaga Kerja" ujar Efrison, Sekretaris Dinas  Nakerin pada saat menutup kegiatan Pelatihan Teknis dan Pendampingan Produksi untuk Cabai dan Tomat, Jum'at (26/07/2024) di Emersia Hotel Batusangkar.


Efrison  yang mewakili Kepala Dinas Drs. Suhermen itu juga mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Tanah Datar mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk kegiatan Pengembangan Industri.


" Kabupaten Tanah Datar memili banyak sektor unggulan, yaitu : Pariwisata, Pertanian, UMKM dan IMKM. Untuk IMKM (Industri Mikro Kecil Menengah) tahun ini adalah kita fokuskan untuk  Pengembangan Sentra Holtikultura Nagari Lawang Mandailing, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah" jelas Efrison.


Lebih lanjut Efrison menjelaskan dalam pengembangan IMKM ini Pemerintah Daerah akan memberdayakan masyarakat.


"Jadi dalam pengembangan IMKM yang salah satunya melalui Sentra Holtikultura ini, Pemerintah Daerah nantinya akan memberdayakan masyarakat. Jadi pelatihan Juknis dan Pendampingan Produksi ini adalah bagian dari upaya pengembangan IMKM , dan Insya Allah akan berkelanjutan. Jadi kami harapkan untuk para peserta agar serius mengikuti pelatihan, sehingga nanti bisa mengembangkan Sentra Holtikultura. Kita berharap melalui IKM masyarakat sejahtera"  lanjut Efrison.


Efrison juga menyampaikan melalui IKM juga diharapkan bisa meningkatkan sektor Paris Tanah Datar.


"Jadi tidak hanya ekonomi saja yang meningkat, tapi juga Sektor Pariwisata. Melalui IKM ini kita berharap juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar, karena ada Image bahwa  " Belum Lengkap Wisatawan ke Sumatera Utara kalau belum ke Tanah Datar. Jadi IKM ini adalah salah satu potensi kita, jadi nanti mereka datang bisa membawa oleh-oleh hasil produksi kita. Tergantung bagaimana Bapak Ibu semua mengembangkan ilmu yang sudah didapat dari pelatihan ini untuk mengembangkan Sentra IKM kedepannya"  pungkasnya.


Di akhir penyampainya Efrison menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Instruktur Pelatihan dan segenap Panitia yang telah menyukseskan jalanya pelatihan selama kurang lebih 5 hari ini.


Produk yang dibuat dalam pelatihan ini berbahan dasar cabai dan tomat, diantaranya yaitu : Saus Cabai, Saus Tomat, Cabai Kering, Saus Asam Manis, Sambal Bawang, Sambal Terasi, Sambal Hijau Teri Medan, Pasta Cabai, Pasta Tomat, Abon Cabai, Bumbu Dasar Merah, BmbuDasar Putih, Minyak Cabai, Cabai Kering, Crushed Chili, Bubuk Cabai.dan Chili Oil.(D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!