Breaking News

Tuesday, July 16, 2024

Matsama MTs Negeri 3 Solsel, Turut Dihadiri Wali Murid, Ini Tujuannya

Saat Kepala Madrasah H. Jasrul memasangkan tanda peserta Matsama pada perwakilan murid kelas 7 di madrasah itu, usai upacara bendera dan pembukaan kegiatan Matsama, Senin (15/7/2024). Foto Humas MTs Negeri 3 Solsel

FS.Solok Selatan (Sumbar) - MATSAMA adalah singkatan dari Masa Ta'aruf Siswa Madrasah, masa dimana siswa baru mengenal lingkungan madrasah. 

Melalui Matsama diharapkan siswa baru akan dikenalkan dengan kegiatan rutin madrasah, ciri khas madrasah, norma dan tata tertib madrasah serta karakter dan budaya lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. 

Dan berdasarkan Juknis MATSAMA tahun 2024, pada hari pertama sekolah Senin 15 Juli 2024, MTsN 3 Solok Selatan mengadakan acara pembukaan MATSAMA tahun pelajaran 2024/2025 di halaman madrasah. 

Acara di awali dengan upacara bendera yang pelaksananya adalah anggota OSIM. Sebagai pembina upacara kepala MTsN 3 SolSel H. Jasrul. 

Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab utama orang tua kepada anaknya. 
"Kalau Bapak Ibu sudah menyekolahkan anaknya di sekolah yang baik maka tanggung jawab pendidikan itu berpindah ke pihak sekolah, " Ungkapnya. 

Hebatnya, saat upacara bendera kali ini, selain siswa baru yang akan melaksanakan matsama (siswa kelas 7), para orang tua murid dari siswa kelas 7 tersebut juga hadir mengikuti upacara bendera dan pembukaan MATSAMA. 

Waka kesiswaan Gusfira Susanti mengatakan bahwa wali murid kelas 7 sengaja di undang untuk berkenalan dengan pendidik dan tenaga kependidikan MTsN 3 SolSel dan lingkungan madrasah. 

Disaksikan oleh orang tua siswa kelas 7 kepala MTsN 3 SolSel H. Jasrul membuka secara resmi pelaksanaan MATSAMA, yang di mulai hari ini Senin (15/7) sampai Rabu (17/7).

Sebelum ta'aruf (perkenalan) siswa, orang tua siswa kelas 7 terlebih dahulu di perkenalkan dengan seluruh majelis guru dan pegawai MTsN 3 Solok Selatan. 

Acara perkenalan yang di pandu waka kesiswaan Gusfira Susanti tersebut, berakhir dengan bersalaman antara orang tua siswa dengan majelis guru dan pegawai. 

Sedangkan Waka Humas MTs Negeri 3 Solsel, Hutri Wanti dikesempatan itu turut mengapresiasi orang tua murid yang sudah turut hadir saat awal anak mereka di madrasah.

"Semoga ini merupakan awal yang baik karena orang tua langsung mengantarkan dan menyaksikan anaknya hari pertama sekolah di MTsN 3 Solok Selatan, " Ujar waka humas Hutri wanti. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!