Breaking News

Monday, July 08, 2024

Tim PKM-RE UNP Lakukan Analisis Cemaran Mikroplastik pada Ikan Konsumsi di Kota Padang


FS.Padang(SUMBAR)- Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) melakukan Analisis Cemaran Mikroplastik Pada Ikan Konsumsi Sebagai Upaya Preventif Stres Oksidatif Di Kota Padang

Pengetahuan mengenai kelimpahan mikroplastik pada ikan konsumsi sangat penting sebagai upaya preventif dampak negatif mikroplastik terhadap kesehatan manusia. 

Riset ini dilakukan oleh tim PKM-RE Departemen Biologi, FMIPA yang diketuai oleh Nabila Sulaeman beranggotakan Pricilia Dinda Sawitri, Syifa Dwi Rahma, Annisa Putri Anggraini, dan Husnul Khotimah.

Riset ini bermanfaat sebagai sumber informasi untuk meningkatkan upaya pencegahan pencemaran wilayah perairan di Kota Padang. Analisis mikroplastik penting dilakukan karena mikroplastik merupakan salah satu material yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yang dapat meningkatkan resiko kanker, stres oksidatif, masalah pada pencernaan dan sebagainya.

Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui terdapat cemaran mikroplastik pada ikan di bagian otot, insang, dan saluran pencernaan dengan berbagai bentuk dan ukuran.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!