Breaking News

Monday, August 05, 2024

Ini Baru Perantau Solsel, Punya Bukti dan Dapat Dibuktikan, FSPP-S4

Salah satu kegiatan penyerahan bantuan beasiswa dari FSPP-S4 Jakarta di SMP Negeri 1 Solsel, diserahkan perwakilan Representatif di Solok Selatan, Suzana (paling kiri) kepada Kepala UPT SMP Negeri 1 Solsel Rika Jumatil Fitri (dua dari kiri) disaksikan dua siswa penerima dan Waka Humas, Rusmaneti, dan Walas Nefliza, Senin (5/8/2024). Foto Afrizal

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Siapa sangka perantau Solok Selatan yang berada di Jakarta dan sekitarnya, ternyata punya program yang jauh lebih baik untuk mendukung keberlanjutan pendidikan dari keluarga kurang mampu di kampung halaman.

Kenapa dikatakan jauh lebih baik, karena perantau dari Solok Selatan yang tergabung dalam Organisasi Forum Silaturahmi Peduli Pendidikan Solok Selatan dan Sekitarnya atau disebut FSPP-S4 tersebut memiliki visi yang sangat mulia yaitu Memajukan Pendidikan di Solok Selatan.

Sebagai dikatakan Ketua FSPP-S4, Alfi Nasri melalui selulernya, bahwa memajukan pendidikan tersebut tidak dalam bentuk cerita saja, tetapi dibuktikan dalam bentuk misi dengan memberikan beasiswa berkelanjutan mulai dari murid kelas 1 SLTP sampai Sarjana.

Bahkan hingga saat ini tercatat  total jumlah putra-putri Solok Sekatan yang telah di berikan beasiswa secara berkelanjutan mulai dari SMP hingga menyelesaikan kuliah atau sampai sarjana kurang lebih sebanyak 25 orang, sejak berdirinya organisasi tersebut pada tahun 2011 lalu.

" Para menerima program beasiswa berkelanjutan dari FSPP-S4 ini sudah ada yang menjadi karyawan BCA, menjadi guru matematika di Mentawai, menjadi penulis dan bekerja diberbagai tempat lainnya," jelas Alfi Nasri.

Adapun besaran beasiswa yang diberikan setiap semester (setiap enam bulan), anatar lain, untuk murid tingkatan SMP sebesar Rp. 500 ribu, untuk tingkatan SMA sebesar Rp. 700 ribu dan untuk yang kuliah sebesar Rp. 1 juta.

" Beasiswa ini diberikan berkelanjutan, mulai dari SMP sampai mereka kuliah nantinya," tambah Alfi yang biasa dipanggil Efi.

Berkelanjutan beasiswa tersebut diberikan, tentu dibuktikan adanya laporan nilai yang selalu meningkat, dan jika tidak ada peningkatan selama dua semester dipastikan beasiswa akan dialihkan pada yang berprestasi lainnya.

Alfi Nasri juga memaparkan, bahwa pendiri FSPP-S4 ini antara lain, Alfi Nasri (Ketua), Hartati, Novia Abduh, Sovni Susilawati, Osnari Ulfida, Defnil Napilus, Muchnizar Jamhur, Meirinaldi Roesli Salarina, Devi Hajar, dan Fauziah Saniah.

Sedangkan donatur selain pendiri tersebut juga berasal dari perantau yang peduli pendidikan untuk kampung halaman, mulai dari yang berprofesi sebagai jendral, pengusaha, pegawai dan dari berbagai profesi lainnya," jelas Alfi Nasri.

Untuk saat ini atau yang terbaru penerima beasiswa antara lain, Nayla Anggraini kelas VII SMP 2 Solsel,  Aisyah Ramadhani kelas VIII SMP 1 Solsel, Muh. Azzam Mukhlas kelas VIIISMP 1 Solsel dan Fadia Yudesia kelas I SMA 4 Solsel

Sementara yang tengah kuliah saat ini antara lain Jumila Neli di UNRI 2021, Meitiara Hayu di Widyaswara Muara Labuh 2021, Ferdio Wilson di UNAND 2021, Diego Maswandi di UIN Padang 2021, Engla Mustika Rilla UPI Keperawatan (D3) Bukit Tinggi 2023," terang Alfi Nasri.

Banyak cerita dan maksud yang akan dipaparkan oleh Forum Silaturahmi Peduli Pendidikan Solok Selatan dan Sekitarnya, terutama maksud dan tujuan dibentukan organisasi perantau Solok Selatan di Jakarta ini. 

Artinya, " kita mau buat organisasi yang ada hubungan emosional dengan kampung, dan tentu kita ingin organisasi ini tidak saja berbeda dengan organisasi perantau Solsel lainnya. Tetapi betul-betul di buktikan dengan memberi harapan yang sama untuk murid dari keluarga miskin di daerah untuk bisa mereka berhasil dikemudian hari. Simak ceritanya di judul yang lain. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!