Breaking News

Friday, August 09, 2024

Lomba Bola Balunau Tren Pemnag Pakan Rabaa Utara Saat HUT RI

Terlihat club' bola ' Balunau' dari tim perempuan saat berlaga di lahan persawahan di Jorong Pasar Sungai Kalu

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Pemerintahan Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan KPGD, menggelar berbagai iven lomba yang diikuti oleh masyarakat setempat. 

Kegiatan yang baru dilaksanakan pertamanya adalah bola kaki balunau. Hebatnya yang pertama turun main bola Balunau yang lapangannya di lahan sawah tersebut adalah tim kaum hawa (perempuan), sehingga membuat daya tarik utama yang mengundang tawa dan keceriaan dari semua lapisan masyarakat. 

Panitia pelaksana lomba HUT RI Nagari Pakan Rabaa Utara M. Rizki Hidayat, Jumat (9/8/2024) menjelaskan, adapun pertandingan dan lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI ke-79 di tingkat nagari antara lain Bola Balunau, Tarik Tambang, Motor Slow, Bola Dangdut, Voli Sarung dan Voli Air.

" Istimewanya lomba kali ini adalah bola balunau dan tarik tambang yang lokasinya di area persawahan di Jorong Pasar Sungai Kalu, " jelas M. Rizki.

Pertandingan yang baru dilaksanakan adalah bola kaki balunau sejak 5 Agustus lalu, dengan pesertanya 5 orang per tim putra maupun putri dengan jumlah peserta 16 tim yang berasal dari 12 tim jorong se-nagari Pakan Rabaa Utara, ditambah tim Perangkat Nagari, Mahasiswa KKN, dan Tim dari PPK Kecamatan dan PPS Nagari," tambahnya.

Final pertandingan balunau ini diperkirakan 16 Agustus 2024 ini, yang sekaligus akan dilaksanakan menangkap belut di sawah secara bebas. Adapun hadiah berbagai perlombaan tersebut adalah Tabanas, dan trophy.

Wali Nagari Pakan Rabaa Utara, Gusparijal, S. Ag didampingi Sekretaris Nagari, Amrizal, S. Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk membangun kebersamaan masyarakat nagari dan sekaligus ajang melalui kebersamaan serta hiburan dalam kesukacitaan di hari kemerdekaan 2024 ini.

" Semua lomba yang dilaksanakan, berpotensi hiburan untuk rakyat, dan sekaligus menjadi ajang silahturahmi antar masyarakat di 12 kejorongan yang ada di nagari ini," tambah Gusparijal.

Salah satu iven yang sudah rutin dilaksanakan di nagari adalah lomba bola Balunau sejak tahun 2016 lalu hingga sekarang (kecuali saat wabah covid), " terangnya.

Berbagai lomba yang diselenggarakan diharapkan dapat juga menjadi salah satu usaha pemerintahan nagari membangun kebersamaan dan membangun rasa cita terhadap negeri dan bangsa ini," pungkasnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!