Breaking News

Friday, August 16, 2024

Mahasiswa KKN Tanjung Baringin Universitas Tamansiswa Padang mengelar kegiatan "Ecoprint"


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tamansiswa Padang (UNITAS) mengadakan "Ecoprint". Acara ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok di SD No 09 Tanjung Baringin Kec. Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Kamis 15/08/2024.
 
Kegiatan dilakukan supaya anak-anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka dengan cara yang baru dan menarik. Yang dimana ecoprint ialah teknik yang menggabungkan seni dan alam. Target dari program ini bertujuan kepada siswa SDN 09 Enam lingkung di jorong simpang tigo, nagari toboh ketek, kec enam lingkung, kab Padang Pariaman, Sumbar.

Acara kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB. Adapun bahan-bahan yang digunakan ialah bahan alami seperti daun dan bunga, yang membantu anak-anak memahami pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan mengadakan kegiatan ecoprint, anak-anak tidak hanya mendapatkan pengalaman baru dalam berkreasi, tetapi juga mendapatkan pelajaran berharga tentang lingkungan dan keberlanjutan.

Bahrul Anuwardir Tanjung menerangkan, Kegiatan ini mengajarkan anak-anak untuk membuat karya seni tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya, sehingga memperkenalkan konsep keberlanjutan sejak dini. Dan melihat hasil karya sendiri bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. 

Ia juga mengungkapkan Proses ecoprint dilakukan dalam kelompok sehingga anak-anak dapat belajar bekerja sama dan berkolaborasi dengan teman-teman mereka.

Kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang mengungkapkan alasan mengapa memilih kegiatan ecoprint ini karena anak-anak dapat belajar tentang berbagai jenis tumbuhan, proses fotosintesis, dan bagaimana zat warna alami dapat diestrak dari tumbuhan. Untuk itu kami berharap anak-anak dapat belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan bagaimana memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak.

Sementara itu, kepala sekolah SDN 09 enam lingkung  memberi tanggapan positif atas kegiatan ecoprint tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan serta belajar untuk mencintai alam sejak dini. "Untuk siswa-siswa SDN 09 enam lingkung dapat meimplementasikan kegiatan ecoprint  yang diberikan oleh kakak-kakak KKN semoga siswa-siswa semuanya dapat menerapkan di lingkungan masing-masing," harapnya.

Rangkaian kegiatan sosialisasi ini selesai pukul 10.30 WIB. Dan dilanjutkan dengan foto bersama siswa dan para guru di SDN 09 enam lingkung.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!