Breaking News

Tuesday, August 13, 2024

Masalah Kesehatan WBP, Jadi Perhatian Serius Kepala Rutan Kelas IIB Muaralabuh

Suasana pelaksanaan pemeriksaan HIV, Hepatitis, dan Sifilis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di aula Rutan Kelas IIB Muaralabuh, dipantau lansung  Karutan Zulhendri, Selasa (13/8/2024). Foto Abdu Robbi Satria

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Perhatian kesehatan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Muaralabuh, menjadi perhatian serius dan paling utama.

Artinya masalah kesehatan para WBP itu, selain sudah menjadi ketentuan juga menjadi kepedulian yang harus dilaksanakan dan di kontrol secara terjadwal, agar WBP lebih nyaman menjalani pembinaan di Rutan ini," harap Kepala Rutan Kelas IIB Muaralabuh, Zulhendri, Selasa (13/8/2024).

Dijelaskannya, bahwa Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan dan Puskesmas Muara Labuh, saat ini menggelar pemeriksaan HIV, Hepatitis, dan Sifilis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rutan Kelas IIB Muara Labuh tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Muara Labuh, dr. Kusharni dengan didampingi tim kesehatan dari Rutan Muaralabuh.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini keberadaan virus HIV, Hepatitis, dan Sifilis di kalangan WBP, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat dan mencegah penularan ke orang lain," jelas Zulhendri.

Ditambahkan Kepala Rutan Kelas IIB Muara Labuh, Zulhendri, bahwa kesehatan WBP merupakan prioritas utama di Rutan Muara Labuh. 

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh WBP. Pemeriksaan kesehatan seperti ini merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam mewujudkan hal tersebut,” ujar Zulhendri.

Zulhendri juga berharap kegiatan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP. “Dengan mengetahui status kesehatannya, diharapkan WBP dapat menjalani masa pidana dengan tenang dan fokus pada pembinaan,” tambahnya.

Mira Wati A.Md.Kep, selaku Pengelola Penyakit Menular langsung dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Rutan Muara Labuh dalam menyelenggarakan kegiatan ini. 

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting untuk dilakukan, terutama di lingkungan lembaga pemasyarakatan. Dengan deteksi dini, kita dapat mencegah penyebaran penyakit menular seksual,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Muara Labuh, dr. Kusharni, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi WBP.

 “Kami berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, WBP dapat mengetahui status kesehatannya dan mendapatkan penanganan yang tepat jika ditemukan masalah kesehatan,” tambahnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!