Breaking News

Sunday, August 11, 2024

Musrenbang Nagari Bomas, Jangan Ada Pembangunan Yang Terbengkalai

Camat Sungai Pagu, Ibrahim membuka kegiatan Musrenbang Nagari Bomas Koto Baru, Jumat (9/8/2024).

FS.Solok Selatan(Sumbar) –
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari  Bomas Koto Baru Tahun 2024 resmi dibuka oleh Camat Sungai Pagu,  Ibrahim, Jumat (9/8/2024)

Acara ini dihadiri Muspika Kecamatan Sungai Pagu, Bamus Nagari, LPMN, seluruh unsur masyarakat nagari, termasuk tokoh masyarakat, pemuda, perangkat nagari, perwakilan perempuan, serta berbagai elemen lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Ibrahim menyampaikan pentingnya Musrenbang sebagai forum partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan nagari. "Musrenbang adalah wadah di mana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan usulan yang akan menjadi dasar dalam menyusun rencana pembangunan tahun depan. Kami sangat menghargai kehadiran dan partisipasi aktif dari seluruh unsur masyarakat yang hadir hari ini," ujarnya.

Musrenbang ini adalah bagian dari semangat masyarakat  dalam membangun Nagari yang Mandiri dan Sejahtera melalui Pemberdayaan Potensi Lokal. Dalam diskusi yang berlangsung, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengajukan berbagai usulan pembangunan, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Bahkan Ibrahim mengingatkan untuk perencanaan pembangunan nagari hendaknya berkelanjutan, dan jangan ada bangunan yang ditunda-tunda penyelesaiannya.

" Seperti adanya pembangunan hall olahraga di Nagari ini, hendaknya dapat dituntaskan pembangunnya, demikian juga dengan fasilitas penting untuk mendukung kebutuhan masyarakat lainnya," harap Ibrahim.

Sedangkan Pj. Wali Nagari Bomas Koto Baru, Yuliherman berharap pada Musrenbang tahun ini hendaknya perwakilan dari masing jorong dapat mempertahan usulannya, dan tentu saja harus mengedepankan skala prioritas nantinya.

" Kita ingin semua usulan pembangunan masyarakat tersebut terakomodir, akan tetapi dikarenakan keterbatasan anggaran, tentu kita harus mengutamakan pembangunan yang mendesak dan nanti disepakati dan dibahas dan ditetapkan sesuai skala prioritas," harapnya.

Acara Musrenbang berlangsung dinamis dengan banyaknya masukan dan saran yang disampaikan oleh peserta. Semua usulan tersebut dicatat oleh panitia dan akan dibahas lebih lanjut dalam rapat teknis sebelum dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Nagari (RKPN) tahun 2024.

Yuliherman mengungkapkan, "Kami berkomitmen untuk menindaklanjuti setiap masukan yang disampaikan. Semoga hasil Musrenbang ini dapat membawa perubahan positif bagi nagari kita," tutupnya.

Musrenbang Nagari 2024 diharapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan yang lebih baik, merata, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Nagari Bomas. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!