Breaking News

Thursday, August 01, 2024

Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Sumbar Dilaksanakan di MAN 1 Solsel

Plt. Kakan Kemenag Solsel Syafra Haradi bersama Kasi Pendis H. Syaiful Anwar gelar rapat teknis bersama  seluruh Kepala Madrasah se-Solsel usai pembukaan KSM tingkat Provinsi Sumbar melalui Zoom Meeting di MAN 1 Solsel, Kamis (1/8/2024). Foto : Afrizal

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 secara resmi dibuka Kepala Kakanwil Provinsi Sumbar Dr. H. Mahyudin. MM diwakili Kabid Penmad, H. Hendri Pani Dias, S. Ag. MA melalui platform Zoom meeting, Kamis (1/8/2024).

Sedangkan pelaksanaan KSM  Madrasah dari Solsel yang dipusatkan di MAN 1 Solsel Plus Keterampilan secara resmi dibuka secara resmi oleh Plt. Kakan Kemenag Solsel, Syafra Haradi, S. Ag. MM didampingi Kasi Pendis, H. Syaiful Anwar, S. Ag serta seluruh Kepala Madrasah se-Solsel.

Peserta dari Solsel tercatat sebanyak 14 orang ditambah tiga kelompok beregu. Adapun peserta dari MI yang lolos ke Provinsi sebanyak 2 orang diantaranya Zidan Azfha Hendrianto dari MIS Mifatul Ulum bidang studi lomba Matematika, selanjutnya Hazel Aidhil Abaro dari MIN 2 Solsel bidang studi IPA.

Sedangkan untuk tingkat MTs, Melani Putri Juwanita, dari MTs. Swasta Talunan Indah bidang studi Matematika, Raisah Urwatu Wustqo dari MTs Negeri 2 Solsel bidang studi Matematika, Nabila Putri dari MTs Swasta Pekonina bidang studi IPA terpadu. Aika Aprilia dari MTs PP Andalusia bidang studi IPA terpadu.

Berikutnya, Yuliani dari MTs. Swasta Bustanul Huda Malus bidang studi IPS terpadu dan Zahra Mazaya dari MTs Negeri 1 Solsel bidang studi IPS terpadu.

Untuk tingkat MA diantara Syafrina dari MAS PP Bustanul Huda, bidang studi Matematika, Viyoni Azhara masih dari MAS PP Bustanul Huda bidang studi Ekonomi, dan dari MAN 1 Solsel Plus Keterampilan tercatat ada tiga peserta diantaranya, Indra Hardianto (bidang studi Biologi), Frisskha Jotada (Fisika), Dinda Ferandra Erazaq (Kimia) serta Fahri Apriyo dari MAS PPATI Kelampaian bidang studi Geografi.

Untuk lomba.kelompok beregu dengan cabang lomba Sosial Sains Terpadu tingkat MI di ikuti regu MIN 4 Solsel dari MIN 4 Solsel. Berikut tingkat MTs, regu Saribu Rumah Gadang dari MTs 1 Solsel dan tingkat MA, regu Smart Girls dari MAN 1 Solsel.

Plt. Kakan Kemenag Solsel, Syafra Haradi mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi pada semua pimpinan madrasah yang sudah berkontribusi di ajang KSM tahun ini.

Hal tersebut selain untuk memberi peluang pada anak-anak madrasah yang berprestasi dalam berkompetisi, juga sebagai bentuk evaluasi pembinaan bagi pimpinan madrasah beserta guru di madrasah," jelas.

Syafra Haradi yang didampingi Kasi Pendis H. Syaiful Anwar mengungkapkan keoptimisannya dalam pelaksanaan KSM. Pasalnya selain kesiapan dari peserta yang cukup matang, juga dengan adanya dukungan pembinaan dari guru, kepala madrasah serta pembinaan dari tenaga profesional disetiap madrasah.

Pelaksanaan penilaian KSM pada tahun ini yang berhasil dengan hitungan prosentase 5 persen dari jumlah peserta atau  kategori jumlah peserta yang ikut dengan sistem setiap 10 peserta disetiap tingkatan akan di utus satu orang dan peserta yang lebih dari sepuluh akan di utus dua peserta untuk tingkat kemenangan.

" Karena peserta dari MTs melebih 10 orang peserta, maka disetiap cabang lomba untuk tingkat MTs ada dua orang yang mengikutinya," jelas Syafra Haradi.

Pihak Kemenag Solsel bersama dengan pimpinan Madrasah sangat berharap, peserta lomba KSM Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2024 ini akan mampu mencapai lomba di tingkat Nasional," harapnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!