Breaking News

Thursday, August 15, 2024

Pemda Padang Pariaman bersama Kejari Pariaman Lakukan Penanaman 1000 Pohon di Kawasan Rumah Putiah Nagari Kapalo Hilalang

Aksi Penanaman Pohon Bersama Sekdakab. Padang Pariaman, Kejari, dan Dandim 0308 Pariaman.



FS.Padang Pariaman --- Pemerintah kabupaten Padang Pariaman besama dengan Kejaksaan Negeri Pariaman melalukan Penanaman 1000 Pohon Durian dan Pokat, di kawasan wisata Pemandian Rumah Putih Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman pada selasa 13 Agustus 2024.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Peringatan Hari bhakti Adhyaksa dan hari lahir Kejaksaan ke 64, dan Peringatan Hut RI ke 79.


Kegiatan yang digagas oleh Kejaksaan Negeri Pariaman itu, menjadi momen bersejarah dalam upaya penghijauan dalam upaya pencegahan banjir dan pengembangan tanaman produktif bagi masyarakat Padang Pariaman khususnya nagari Kapalo Hilalang.


Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis mewakili Bupati, menyampaikan Apresiasi dan rasa terimakasihnya atas gagasan kegiatan tersebut.


katanya kegiatan ini sangat memberikan Manfaat bagi Masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan juga meningkatkan Perekonomian Masyarakat.


"Ini merupakan bagian dari langkah kita bersama, bagaimana kita melakukan penghijauan di daerah hulu perbukitan, sehingga akan mendatangkan berkah bagi masyarakat Padang Pariaman Baik di hulu maupun di hilir,” Katanya


Ditambahkannya, bahwa penanaman pohon ini senada sekali dengan Lokus yang dipilih ini yang mana disini juga merupakan juga sumber Air bersih, sehingga mampu menjaga sumber air minum untuk kebutuhan masyarakat.


“Ke depan kita juga akan berupaya mengembangkan Rumah Putih ini yang merupakan tempat Bersejarah, akan kita jadikan museum Rumah Putih dengan bangunan Aslinya yang akan menjadi salah satu cagar budaya dan kunjungan Wisata Budaya dan sejarah,” tegasnya



Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman Bagus Priyonggo. menyampaikan latar belakan kenapa kegiatan ini di laksanakan di lokasi saat ini.



"Karena kabupaten Padang Pariaman itu memiliki potensi yang sangat luar biasa, Potensi Pertanian, wisata, bahkan Sumber Air Bersih yang sangat berkualitas,"ujar dia.



Namu katanya dibalik potensi itu ada juga ancaman yang cukup serius yang datang setiap saat seperti bencana banjir longsor dan bencana lainnya.


“Untuk itu maka kita coba fasilitasi di lokasi ini, sebagai upaya mitigasi dan pencegahan salah satunya dengan melakukan penghijauan di sini, dan ini juga sudah melalui survey,” katanya


Di sisi lain Tokoh masyarakat Kapalo Hilalang Bapak Khairul Amri Sutan Marlaut menyambut baik dan berterimakasih Kepada Pemerintah daerah dan Kejaksaan negeri Pariaman telah memilih nagarinya sebagai lokasi penghijauan ini.


“Tentunya kami sangat bersyukur dan berterimakasih mudah mudahan menjadi motivasi bagi kami dan masyarakat untuk mengembangkan dan memelihara tananam yang kita tanam hari ini," katanya


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon kepada penerima secara simbolis, Camat 2 x 11 Kayu Tanam, Wali Nagari Kepala Hilalang, Wali Nagari Guguak, Wali Nagari Kayu Tanam dan perwakilan masyarakat 4 orang, yang Diserahkan oleh Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0308 Pariaman, Kajari. (wrm)



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!