Breaking News

Friday, August 16, 2024

PKKMB 2024, UNP Dorong Mahasiswa Baru Kembangkan Jiwa Entrepreneur untuk Era 2045


FS.Padang(SUMBAR) -
Peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Padang (UNP) didorong untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur selama menempuh pendidikan di UNP. Hal ini perlu dilakukan sehingga mampu bersaing di era globalisasi dan menjadi pemenang dalam mengatren dunia 2045 mendatang.

Jiwa entrepreneur yang nantinya akan membawa lulusan Perguruan Tinggi bisa menjadi job creator (pembuat lapangan pekerjaan) itu dapat tercipta dengan penerapan teknologi inovasi dan kepemimpinan dengan pola pikir global. Karakteristik ini dapat dikembangkan saat masih menempuh studi sebagai mahasiswa.

Hal ini disampaikan Senior Eksekutif UNP, Prof. Ganefri, Ph.D saat memberikan materi mengenai “Membangun Masa Depan Indonesia: Riset, Inovasi, dan Teknologi untuk Mencetak Generasi Job Creator di Era 2045” di hadapan peserta PKKMB Gugus II, Rabu (14/8/2024).

“Apa yang menjadi tren saat ini kemudian setelah empat tahun saudara menyelesaikan kuliah disini maka tren tersebut sudah berubah sehingga untuk menjadi job creator itu harus memiliki growth mindset. Pemikirannya harus berkembang jangan menjadi follow up kita itu harus jadi pemenang,” ungkapnya di Auditorium UNP.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa universitas tidak hanya bertanggung jawab menghasilkan lulusan tapi juga memikirkan bagaimana lulusan tersebut bisa menjadi entrepreneur, mendapatkan gaji yang layak dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Setelah tamat ana di UNP maka universitas akan terus memantau anda selama 2 tahun. Pertama apakah anda sudah mendapat pekerjaan? Jika sudah, apakah mendapatkan gaji yang layak. Kemudian seberapa banyak lulusan dua tahun terakhir menjadi entrepreneur dan yang terakhir seberapa banyak lulusan dua tahun terakhir melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Maka untuk itu tambahnya, menjadi mahasiswa itu harus berfikir ke depan dan jangan pernah menjadi pengikut. Untuk menjadi job creator itu harus menjadi pemenang dengan modal kreatif dan inovatif serta berani membuat sesuatu yang baru. “Disini tempatnya anda dilatih untuk berpikir kreatif, inovatif dalam bidang apa saja,” tambahnya

Diketahui PKKMB UNP 2024 dibagi dalam empat gugus. Setiap gugusnya dilaksanakan dua hari. Sebelumnya PKKMB Gugus I sudah digelar pada 12-13 Agustus 2024. Untuk gugus II akan dilaksanakan hingga Kamis (15/8/2024). (Utr/Humas UNP)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!