Breaking News

Thursday, August 08, 2024

UNP Turunkan 24 Mahasiswa Ikuti Peksimida 2024


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Universitas Negeri Padang (UNP) menurunkan sebanyak 24 mahasiswa dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke 17 tahun 2024 berlangsung dari tanggal 6 - 9 Agustus 2024 yang digelar di  Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Ke 24 mahasiswa itu ambil bagian dalam 14 tangkai lomba diantaranya Muhammad Iqbal Rabbani Hamzah, Tri Vidya Rahmadhani (Baca Puisi), Ikhsan Maulana (Fotografi), Rahmad Tri Ramadan (lukis), Syarifa Mawaddah (Monolog), Gisti Kartika (Penulisan Cerpen), Puti Aryanti Soleha (Penulisan Lakon), Septa Elvi Maesyah (Penulisan Puisi), M. Raphi Parhan Butar-Butar (Menyanyi Keroncong), Geldi Sanjaya (Menyanyi Pop).

“Kemudian, Ghinta Yolanda Nasution (Menyanyi Pop), Syahhid Adil Fathra, Irma Yeni (Menyanyi Dangdut) Andareas Kiser Purba, Intan Putri Pramanandi (Menyanyi Seriosa), Muhammad Zaky Novriansyah (Komik Strip), Wulan Dwidestela (Desain Media Kampanye Sosial), Aldian Effendi, Febrian, Muhammad Riyan, Frisella Gita Cahyani, Rivani Amri, Nadira Anastasya, Sevia Dwi Andesto (Tari),” terang Dekan Fakultas Bahasa & Seni Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., kepada Humas UNP saat menghadiri pembukaan Peksimida bersama kasubdit Prestasi dan Alumni Ahmad Rizal Abidin, S.Kom., M.Kom., Rabu (7/8/2024).

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan 11 cabang lomba yang dipertandingkan, Peksimida 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi seni tetapi juga sebagai momentum penting dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya di Sumatera Barat. Ajang ini adalah bukti nyata komitmen dan integritas mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas dan bakat seni yang dapat menginspirasi dan membawa perubahan positif bagi masa depan kebudayaan nasional.

Diketahui acara yang mengumpulkan 172 peserta dari 12 perguruan tinggi se-Sumatera Barat ini dibuka secara resmi pada hari Rabu (7/8/2024) di Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam ISI Padang Panjang. Enrico Alamo, S.Sn., M.Sn., selaku Ketua Pelaksana, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan utama dari Peksimida adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian dan integritas tinggi dalam pelestarian serta pengembangan kebudayaan nasional. "Pekan Seni Mahasiswa ini diadakan sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian, untuk integritas tinggi akan pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional," ungkap Enrico.

Peksimida ke-17 ini mengusung tema “Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi,” sebuah tema yang menggambarkan semangat merdeka dalam berprestasi melalui seni yang menginspirasi. Acara ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengimplementasikan bakat dan minat seni mereka, selaras dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman nilai kultural serta memajukan bangsa dengan mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D., Kepala BPSMI Sumatera Barat, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para peserta yang akan berkompetisi dan berkolaborasi untuk menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Rektor ISI Padang Panjang juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam mengangkat seni di Sumatera Barat, menggarisbawahi bahwa rangkaian acara seperti Peksimida sangat diperlukan demi kemajuan seni dan budaya di daerah tersebut.

Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum, Politik & Pemerintahan, Drs. Jasman Rizal, MM., memberikan apresiasi tinggi kepada panitia atas terselenggaranya acara ini. "Kami sangat mengapresiasi usaha panitia dalam menyelenggarakan acara yang luar biasa ini, yang tidak hanya mempertemukan para seniman muda tetapi juga menjadi sarana penting dalam pelestarian budaya kita," kata Jasman.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!