Breaking News

Thursday, September 19, 2024

BPKAD Sarolangun akan Wujudkan Transparasi pencairan dana melalui SP2D Online


FS.Sarolangun(JAMBI)-
Dalam rangka meningkatkan proses pelayanan  pencairan dana lebih efisien dan efektif,  Pemkab Sarolangun segera melaksanakan pencairan dana melalui sp2d online melalui Kabid perbendaharaan daerah Hilda Athia,SE,M.Sc BPKAD sarolangun.

Agar proses pencairan dana lebih cepat tersalur dengan baik dari sistem pencairan yang sudah ada saat ini, maka pemkab Sarolangun berupaya melakukan inovasi  dengan  menerapkan pencairan memalui Sp2d  online.

Sp2d online merupakan perwujudan atas transparansi dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah, sekaligus untuk mewujudkan visi misi ke 5 kabupaten sarolangun yaitu mewujudkan tata kelola pemerintah yang lebih baik.imbuhannya
Sp2d merupakan serana dalam rangka proses menghubungkan antara pengajuan SPP/SPM,(surat pemintaan pembayaran/surat perintah membayar) dari setiap OPD keBank.sp2d online berpungsi untuk mempercepat proses pencairan yang tadinya dilakukan secara manual dengan banyak tahapan menjadi dikurangi dengan menggunakan pendekatan IT.

Manfaatnya pencairan Sp2d dapat dilakukan tepat waktu tidak harus menunggu proses pengiriman sp2d ke bank seperti saat ini,bila saat itu sp2d sudah oke,akan lansung terkoneksi sendiri dengan pihak bank BPD untuk dilakukan proses pencairan.

Manfaatnya lainnya mengurangi resiko pengembalian berkas sp2d karena ada kesalahan  nomor rekening kondisi keuangan daerah juga dapat dipantau secara realitime,termasuk monitoring terhadap pengeluaran rekening kas daerah dapat dilakukan secara online dari BPKAD sarolangun," katanya.

Saat ini BPKAD sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak Pusdatin Kemendagri dan bank BPD untuk persiapan pelaksanaan sp2d online , saat ini pihak bank BPD sudah selesai pada tahapan SIT (Sytem integration test) dan akan melaksanakan UAT (User Acceptance Test) pada tanggal 22 oktober nanti. 

Diharapkan dengan pelaksanaan pencairan dana melalui SP2D online dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam percepatan penyerapan anggaran.(Iksan)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!