Breaking News

Monday, September 09, 2024

Diserahkan Bupati Eka Putra, BAZNas Tanah Datar Gelontorkan Dana 2,6 M Lebih untuk Korban Galodo dan Tanah Longsor



FS.Tanah Datar (SUMBAR)- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Tanah Datar menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir lahar dingin  (Galodo) dan tanah longsor yang terjadi beberapa bulan lalu di kabupaten Tanah Datar sebesar Rp. 2.625.960.532.  bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di Masjid Al-Ikhlas Cubadak, Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum,  kabupaten Tanah Datar, Senin (9/9/ 2024).


Bantuan tersebut berasal dari donasi masyarakat di seluruh Indonesia dan Luar Negeri.


"Hari ini kita menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korban banjir lahar dingin dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Tanah Datar bantuan ini berasal dari donasi masyarakat yang ada di seluruh Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri yang dititipkan kepada BAZNas Tanah Datar sebagai penyalur" terang Yasmansyah.


Yasmansyah juga katakan bahwa jika ada data yang tidak sesuai akan segera dicocokkan bersama Pemerintah Nagari, Pemerintah Kecamatan dan instansi terkait lainnya.


"Jika nanti ada ditemukan data yang tidak sesuai kami akan memperbaiki bersama pemerintah nagari kecamatan dan instansi terkait lainnya. Kami tidak akan merugikan bapak ibu para korban yang menerima bantuan ini. Intinya data dari 6 Kecamatan yang terlibat bencana akan kami selesaikan bersama Tim" tegas Yasmansyah.


Di akhir penyampaiannya yang Smansa menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan untuk hari ini adalah untuk 19 korban yang meninggal maupun dinyatakan hilang melalui ahli waris masing-masing.


" Sementara untuk kerugian materi korban akan dibuatkan rekening secara gratis melalui Bank Nagari Syariah Cabang Batusangkar" tutup Yasmansyah. 


Sementara Bupati Eka putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BAZNas Tanah Datar yang telah mengelola dan memfasilitasi bantuan untuk korban banjir lahar dingin (Galodo) dan tanah longsor di Tanah Datar.


" Mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah atas bantuan yang diberikan. Pesan Saya manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya semoga berkah untuk kita dan mari kita doakan orang yang memberikan bantuan selalu diberikan kesehatan dan kemudahan rezeki oleh Allah SWT"  pesan Eka Putra.


Pada kesempatan itu Bupati Eka putra juga menyampaikan bahwa pada tanggal 11 September besok juga akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan bantuan rumah secara terpadu untuk masyarakat terdampak bencana banjir lahar dingin dan tanah longsor.


" Insya Allah lusa kami akan melakukan peletakan batu pertama bantuan rumah terpadu bagi korban galodo dan tanah longsor yang terjadi pada tanggal 11 Mei lalu. Selain itu untuk relokasi mandiri juga akan segera kami kumpulkan" kata Eka Putra.


Di akhir penyampaiannya Bupati Eka putra berpesan kepada seluruh masyarakat Tanah Datar agar jangan mudah terpancing dan percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya alias hoaks.


" Bapak /Ibu jangan mudah percaya berita yang belum tentu kebenarannya atau berita bohong alias hoakls. Kepada BAZNas segera untuk memperbaiki data jangan sampai ada yang terzalimi atau malah dirugikan" pungkas Eka Putra.


Hadir dalam acara tersebut Dandim 0307 Letkol Inf. Agus Priyo  Pujo Sumedi, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra,  S.I.K, kepala Dinas Sosial PPPA H. Afrizon, S. Ag, Ketua beserta Pimpinan BAZNas Kabupaten Tanah Datar, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah, Sekretaris Camat Lima Kaum Sri Handayani, Wali Nagari se -Kecamatan Lima Kaum, PMI serta undangan lainnya. (D19)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!