Breaking News

Monday, September 30, 2024

Herdianto : Petugas Lapas adalah Orang Tua Bagi Warga Binaannya


FS. Bukittinggi (SUMBAR)-Sebagai ASN yang diberi amanah untuk menjadi Petugas Lapas Kelas IIA Bukittinggi oleh negara melalui Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia b(Kemenkumham) maka kita semua wajib memberikan hal yang terbaik dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Selain itu hendaknya kita juga harus bisa menjadi suri tauladan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kita bina, karena sebagai Petugas  kita merupakan orang tua bagi seluruh Warga Binaan.


Demikian diantaranya disampaikan Kalapas Kelas IIA Bukittinggi Herdianto, AMD, IP, SH, M.Si pada saat memimpin Apel Pagi, Senin (30/09/2024).


" Kita harus memberikan  dedikasi, kinerja dan perlindungan serta pengayoman sebaik mungkin sehingga tujuan pemasyarakatan bisa tercapai dan terlaksana sesuai aturan dan Undang-Undang yang berlaku. Bagi petugas pelayanan tamu kunjungan berikanlah pelayanan yang terbaik, ramah, sopan, senyum dan humanis karna para tamu yang mengunjungi keluarga mereka yang merupakan Tahanan dan Narapidana di Lapas Kelas IIA Bukittinggi belum tentu tahu semua aturan yang diterapkan.  jadi tugas kita sebagai  petugas  untuk menjelaskan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tujuan pembinaan serta aturan-aturan sesuai SOP yang ada bisa berjalan dengan semestinya" jelas Kalapas Herdianto.



Herdianto juga katakan Petugas wajib memberikan arahan dan petunjuk pada semua tamu    agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran.


 "Semua tamu dan barang wajib diperiksa supaya bisa terhindar dari masalah-masalah yang akan timbul" tambah Herdianto.


Sementara KPLP Abdul Silaban, SH mengatakan tamu yang mengunjungi keluarga, sanak famili, suami atau anak serta teman yang menjadi Warga Binaan tentu tidak hanya sekedar menyambung tali silahturahmi atau sekedar mengantar paket makanan saja.


"Keluarga WBP yang berkunjung tentunya tidak hanya sekedar mengantarkan paket dan bersilaturahmi saja,  tetapi ada terselip harapan besar bagi para tamu tersebut yaitu harapan bisa melihat perubahan-perubahan dari semua aspek tingkah laku maupun sifat  Warga Binaan, dari salah bisa menjadi lebih baik lagi. Karna Lembaga Pemasyarakatan diharapkan bisa merubah pola hidup keluarga mereka yang telah berbuat salah untuk bisa menjadi lebih baik kedepannya lagi" kata KPLP Abdul Silaban, SH.


Ramainya tamu berkunjung setiap hari kerja menggambarkan gairah dan semangat serta harapan besar mereka melihat perubahan-perubahan para Warga Binaan yg dikunjungi, sehingga jarak yang jauh, waktu serta lelah tidak lagi menjadi masalah bagi tamu karena terobati dengan melihat keluarga mereka di Lapas Kelas IIA Bukittinggi.


"Untuk itu sebagai Petugas kita harus selalu memberikan pembinaan dan pelayanan terbaik bagi WBP, sehingga WBP kita selalu dalam keadaan sehat, dan tentunya bisa merubah  sifat dan tingkah laku dari yang tidak baik menjadi lebih baik lagi, sehingga nantinya bisa kembali ke masyarakat dengan harapan dan semangat baru untuk melanjutkan hidup lebih baik dan lebih bermanfaat lagi" pungkasnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!