Breaking News

Tuesday, September 17, 2024

Meriahkan Maulid Dengan Ma'arak Bungo Lamang, Budayakan Warisan Budaya, Ala MIN 2 Solsel

Semarak Bungo Lamang MIN 2 Solsel dihadiri Camat Sungai Pagu, Ibrahim, KUA Awdy Reyza, Kemad Dra. Efiliza, MM, Komite madrasah dan wali murid madrasah, Selasa (17/9/2024). Foto Il

FS.Solok Selatan (Sumbar) -
Mentradisi. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, setiap tahunnya  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Solok Selatan terus menggelar acara Ma'arak Bungo Lamang.

Seperti yang dilakukan ratusan murid MIN 2 Solsel yang beralamat di Banda Gadang Nagari Sako Utara Utara Pasia Talang  tersebut, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 melaksanakan kegiatan Ma'arak Bungo Lamang.

" Tradisi Ma'arak Bungo Lamang merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya lokal yang sarat akan nilai-nilai keagamaan dan kebersamaan," jelas Kepala MIN 2 Solsel, Dra, Efiliza, MM

Setiap peserta dihiasi dengan Bungo Lamang yang dihias dengan kreatif dan menarik, menambah semarak suasana. Pada tahun ini, semua murid MIN tersebut menggelar pawai Ma'arak Bungo Lamang yang star dari area Menara Songket dengan finis di RTH Muaralabuh.

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga menjadi momen penting untuk melestarikan warisan budaya kita, khususnya bagi para murid yang menjadi generasi penerus," ujar

Turut hadir pada pelaksanaan kegiatan, Camat Sungai Pagu, Ibrahim, Kepala KUA Sungai Pagu, Awdy Reyza, Ketua Komite MIN, semua wali murid dan guru di madrasah tersebut.

Masyarakat dan para siswa menyambut acara ini dengan antusias, berharap tradisi Ma'arak Bungo Lamang ini dapat terus dilestarikan di tahun-tahun mendatang.

Para peserta arak-arakan dinilai berdasarkan keindahan dan kreativitas dalam menghias Bungo Lamang. Tim juri memberikan penilaian yang ketat dan memberikan penghargaan kepada 
peserta yang berhasil menampilkan Bungo Lamang paling menarik. 

"Ini adalah bentuk apresiasi kami untuk para peserta yang telah berusaha dengan baik menghias Bungo Lamang mereka," tambahnya. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!