Breaking News

Saturday, September 07, 2024

Program WASH di Solsel diresmikan Sekdakab. Dr. H. Syamsurizaldi

Sekdakab. Solsel Dr. H. Syamsurizaldi, disaksikan Ketua Yayasan Baitul Maal Brilian, Razi Wardana, Ketua GOW Ny. Fit Syamsurizaldi dan pejabat lainnya menanda tangani prasasti Program WASH saat kegiatan peresmiannya di MIN 1 Solsel, Sabtu (7/9/2024). Foto Afrizal

FS.Solok Selatan(Sumbar ) -
Bupati Solok Selatan diwakili Sekdakab. Solok Selatan Dr. H. Syamsurizaldi, SIP, MM apresiasi Pemerintahan Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagi bersama seluruh unsur lembaga yang ada di nagari dan berbagai lapisan masyarakat nagari.

Pasalnya, Pemerintahan Nagari setempat dengan dukungan Pemerintahan Kecamatan Sungai Pagu mampu memperoleh Program WASH (Water Sanitation and Hygiene) dari Yayasan Baitul Maal BRILiaN Regional Office Padang.

" Bupati  mengapresiasi semua pihak, baik perguruan tinggi, lembaga masyarakat dan pihak pemerintahan yang mampu meraih dukungan dana untuk berbagai kegiatan, apalagi untuk kepentingan masyarakat banyak," jelas Dr. H. Syamsurizaldi saat meresmikan Program WASH di Jorong Sungai Talu, Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Sabtu (7/9/2024).

Hadir saat kegiatan tersebut Ketua Yayasan Baitul Maal Brilian, Razi Wardana beberapa orang Kepala OPD Pemda Solsel, Camat Sungai Pagu, Ibrahim, pihak Puskesmas Muara Labuh, dr. Enik, Pj. Wali Nagari Nita Sesriwati, Ketua Bamus, Syafrijal Dt Batuah Nan Sati, Ketua Pelaksana Program, Junedi, Kepala MIN 1 Solsel, Sukmi Hidayati, serta berbagai lapisan masyarakat nagari.

Syamsurizaldi selain mengapresiasi Taglen dari Yayasan Baitul Maal Brilian yang berbunyi ' Memberi Makna'  juga mengapresiasi kekompakan masyarakat Nagari Sako Selatan Pasia Talang, hingga memperoleh bantuan pembangunan air bersih tersebut.

Pihaknya berharap, kedepan hendaknya dapat menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang sudah dibangun. " Kita sering lupa dan lalai dalam menjaga fasilitas yang sudah dibangun," jelas Syamsurizaldi.

Sementara itu, Pj. Wali Nagari Pasia Talang, Nita Sesriwati didampingi Junedi menjelaskan fasilitas air bersih yang yang dibangun oleh Yayasan Baitul Maal Brilian RO Padang tersebut sudah selesai dan telah mengaliri 74 rumah di jorong tersebut.

Hebatnya, air yang bersumber dari mata air di bukit Sungai Talu tersebut dapat di konsumsi langsung,  karena dari hasil uji labor UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumbar dinyatakan memenuhi syarat.

Menurutnya, Pemerintah Nagari bersama Bamus bahkan sudah menerbitkan Peraturan Nagari (Perna) untuk mendukung keberlanjutan program Air Bersih tersebut dengan iuran setiap bulannya Rp. 20 ribu dan untuk pemasangan baru nantinya Rp. 1 juta rupiah.

" Guna menjamin kelancaran dan kerawaran fasilitas air bersih ini, pihak nagari bersama Bamus sudah menerbitkan Perna," jelasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Baitul Maal Brilian, Razi Wardana menjelaskan bahwa program yang diresmikan hari ini oleh Bupati Solsel, adalah bagian dari kegiatan penyaluran zakat dari pegawai BRI melalui yayasan guna mendukung pembangunan pembangunan MCK, Air Bersih guna mendukung kesehatan masyarakat.

Pihaknya menilai bahwa masyarakat di Nagari Sako Selatan Pasia Talang itu sangat membutuhkan program yang disebut WASH tersebut. " Apalagi Program ini dukung Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Nagari serta warga dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Menurutnya program tersebut dilaksanakan dalam waktu dua bulan, dan airnya sudah dapat dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan.

" Kita akan dukung lagi pada titik yang membutuhkan, dan yang terpenting kita ingin melihat keberlasungan proyek ini. Intinya kita berharap hasilnya akan bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat," harapnya. 

Terakhirnya pihaknya penjelaskan bahwa bentuk bantuan adalah murni pisik sumber air, pipanisasi, sanitasi hingga mengalirnya air ke rumah masyarakat. " Kita tidak kucurkan dalam bentuk dana pada masyarakat, tetapi kita berikan bentuk pisik langsung," pungkasnya.

Usai kegiatan peresmian Program WASH (Water Sanitation and Hygiene) dari Yayasan Baitul Maal BRILiaN Regional Office Padang itu , Sekdakab  Dr. H. Syamsurizaldi, pimpinan OPD, Camat, Wali Nagari dan pihak Puskesmas meninjau lansung lokasi program air bersih yang sudah selesai. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!