Breaking News

Monday, September 02, 2024

Randai Spencay Dan Pantomin SDN 21 MPL Hibur Peserta CFD di Sungai Pagu

Foto bersama peserta yang tampil saat CFD dengan Sekdakav. Solsel Dr. H. Syamsurizaldi dan penmapilan Pantomin

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Penampilan randai dari siswa siswi UPT SMPN 1 Solok Selatan dan Pantomin dari UPT SD Negeri 21 MPL Kecamatan Sungai Pagu, menjadi hiburan mengasikan bagi peserta CFD di Kecamatan Sungai Pagu, Minggu (1/9/2024).

Kegiatan CFD yang dihadiri Sekdakab. Solok Selatan, Dr. H. Syamsurizaldi,SIP.SE.MM tersebut selain dihadiri ribuan masyarakat serta semua sekolah tingkatan SD, dan SMP yang ada di Kecamatan tersebut, juga ada kegiatan pelayanan kesehatan, pemberian bantuan dan lain sebagainnya.

Penpilan randai dari murid UPT SMP 1 Solok Selatan atau disebut juga Spencay itu sukses dan mampu memukau penonton yang ada di Lapangan Bola Kaki Lapangan Bancau Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu tersebut.

Kentalnya bahasa minang dengan loghat khas Muara Labuh juga sukse menghipnotis penonton yang hadir. Kali ini siswa Spencay menyampaian pesan untuk rang gadih Minang, yaitu Sumbang Duo Baleh.

Atraksi randai dan pesan-pesan yang disampaikan oleh siswa Spencay menyulut gelak tawa, menghangatkan suasana CFD sekaligus penyaluran bantuan pangan dan sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Solok Selatan.

Untuk diketahui Pesan Sumbang Duo Baleh saat ini kembali menjadi menggeliat ditengah berbagai hadirnya budaya dan teknologi baru. 

Dalam masyarakat Minangkabau, keberadaan perempuan diistimewakan kedudukannya. Perilaku yang tidak tertulis inipun menjadi tata krama bersikap. Seperti menjaga ucapan, perilaku, dan pergaulan yang berpotensi mengundang kecurigaan atau ketersinggungan orang lain.

Selain itu, penampilan Pantomin murid UPT SD Negeri 21 MPL Kecamatan Sungai Pagu juga menyampaikan pesan yang penuh makna pada peserta CFD.

Bupati Solok Selatan diwakili Sekdakab Dr. Syamsurizaldi juga menyoroti tampilan randai siswa Spencay yang menyampaikan pesan Sumbang Duo Baleh. Dirinya turut mendukung untuk memberikan ruang dalam kreativitas ini.

"Kepada Kepala Sekolah, Guru, Silahkan diciptakan kreatifitas di sekolah, berikan ruang kepada siswa-siswin kita dan tampilkan dalam even pemerintah," kata Sekdakab.

Sekda juga menghimbau agar memberikan ruang bagi guru sekolah untuk memberikan ruang bagi siswa untuk berkreativitas. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!