Breaking News

Thursday, September 26, 2024

Wisusa UNP ke-136, Sebanyak 3.780 Mahasiswa Diwisuda


FS.Padang(SUMBAR)-
Upacara Wisuda Universitas Negeri Padang dalam rangka Wisuda Ke-136 Periode September 2024, hari ini, Kamis tanggal (26/9/2024), merupakan kegiatan wisuda hari pertama, dari empat hari prosesi wisuda yang digelar.

Pada periode ini, Universitas Negeri Padang mewisuda sebanyak 3.780 orang lulusan, dengan rincian waktu dan peserta dari Fakultas.

Pada Wisuda UNP ke-136, Rektor UNP Krismadinata, Ph.D menyampaikan Pidato Wisuda berjudul “Tantangan, dan Strategi Lulusan Perguruan Tinggi di Era Globalisasi”.

Kehadiran Revolusi Industri 4.0, semakin mempersulit keadaan para pencari kerja. Pada era disrupsi teknologi dan era berbasis cyber physical system ini, dipercaya akan mengurangi secara signifikan penggunaan tenaga manusia. Dan ini merupakan tantangan baru bagi para lulusan perguruan tinggi. Bagaimanapun, kondisi ini sudah ada di depan mata, sehingga mau tidak mau, para lulusan perguruan tinggi harus menghadapi semua tantangan ini demi masa depan mereka.

Maka, pada era globalisasi seperti saat ini, persaingan pasar kerja semakin ketat, oleh karena itu para wisudawan tidak bisa hanya berfikir untuk mencari pekerjaan, akan tetapi harus berpikir untuk membuka lapangan pekerjaan. Karena dengan terbukanya era pasar bebas, membuat persaingan pencari kerja semakin sengit, karena mereka ini tidak hanya harus bersaing dengan para alumni perguruan tinggi dalam negeri, tetapi juga para alumni dari perguruan tinggi luar negeri. Untuk itu ada empat hal yang perlu kita ingatkan:

Pertama, kita ingin menggarisbawahi pentingnya soft skills dalam era ini. Keterampilan teknis atau hard skills yang telah dipelajari di bangku kuliah sangatlah penting, tetapi kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, serta memiliki empati dan kepedulian terhadap klien akan menjadi modal besar dalam karir kalian.

Kedua, kompetensi profesional harus terus diasah dan ditingkatkan. Di era yang terus berubah, ilmu pengetahuan yang kalian peroleh di bangku kuliah akan cepat berkembang. 

Oleh karena itu, kita mendorong para wisudawan/wisudawati untuk memiliki growth mindset, yakni keyakinan bahwa kemampuan kita dapat terus dikembangkan melalui kerja keras, pembelajaran, dan ketekunan. Jangan pernah merasa cukup dengan apa yang telah dicapai. Jadikan setiap pengalaman, tantangan, dan kegagalan sebagai pelajaran untuk tumbuh dan menjadi lebih baik.

Ketiga, dalam memasuki dunia kerja, kami ingin mengingatkan kalian bahwa kesuksesan bukan hanya tentang mencari pekerjaan, tetapi juga tentang menciptakan peluang. Untuk itu, kami mendorong kalian untuk tidak hanya terpaku pada satu jalur karir tertentu. Dunia saat ini menawarkan banyak sekali peluang, baik di sektor formal maupun melalui kewirausahaan. Jika kalian memiliki ide inovatif di berbagai bidang jangan ragu untuk memulai usaha sendiri. 

Dengan berkembangnya teknologi dan digitalisasi, banyak peluang untuk mengembangkan solusi yang kreatif dan berdampak.

Keempat, untuk mencapai karir yang sukses, ada beberapa tips yang perlu diterapkan:

1. Jangan berhenti belajar: Pekerjaan apa pun yang kalian pilih, jadikan pembelajaran sebagai bagian dari keseharian. Jangan takut untuk belajar dari kesalahan.
2. Tetapkan tujuan yang jelas: Tentukan apa yang ingin wisudawan atau wisudawati capai dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Dengan visi yang jelas, langkah kalian akan lebih terarah.
3. Kelola waktu dengan baik: Prioritaskan tugas dan tanggung jawab dengan efektif agar kalian dapat mencapai produktivitas yang optimal.
4. Bangun mentalitas tangguh: Dalam perjalanan karir, pasti akan ada tantangan dan kegagalan. Memiliki sikap pantang menyerah dan selalu berani untuk bangkit.

Dalam empat hari wisuda yang digelar di Gedung Auditorium, kampus UNP Air Tawar Padang, menghadirkan para tokoh untuk berorasi dalam prosei wisuda ini, diantaranya pada hari Kamis 26 September 2024 yakni Yuni Daru Winarsih. S.H., M.Hum Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Barat dengan tema orasi “Keberfungsian Sosial dalam Penerapan Restorative Justice”, sekaligus akan melakukan penekanan tombol Launching Logo Dies Natalis UNP ke-70 dan Lustrum XIV tahun 2024.

Pada hari Kedua tampil Tokoh Muda Sumbar Vasco Ruseimy dengan Tema “Mewujudkan Sumatera Barat Sebagai Destinasi Pendidikan”. 

Pada Hari ketiga akan berorasi ilmiah Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar dengan tema “Model Pentahelix dalam Pengembangan Wisata di Kabupaten Solok”. Untuk hari keempat akan ada penyerahan SK Prodi Baru yakni D4 Teknologi Kosmetik yang berada di bawah Sekolah Vokasi dan D4 Manajemen Perhotelan PSDKU (Program Studi Di luar Kampus Utama) Kota Payakumbuh, oleh Rektor UNP pada Direktur Sekolah Vokasi (SV) dan Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP). Kedua prodi tersebut juga saat ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Pada periode wisuda ini, terdapat 20 Media mitra UNP akan meliput kegiatan berasal dari media elektronik, cetak dan digital, lokal maupun nasional.(*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!