Breaking News

Friday, October 04, 2024

Bekerjasama dengan Damkar, Rutan Painan Gelar Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran


FS. Painan , Pessel (SUMBAR)- Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Painan (Rutan Painan) menggelar  kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran, di Lapangan Rutan setempat , Jum'at (04/10/2024).


Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan. 


Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Pegawai dan Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Painan.


Kasubsi Peltah Rutan Kelas IIB Painan, Hendra mewakili Karutan Painan dalam sambutannya menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama di lingkungan yang memiliki tantangan seperti Rutan.


 “Kegiatan ini adalah bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kita semua harus paham bagaimana merespons bencana dengan cepat dan tepat, terutama di lingkungan rutan yang memiliki tantangan tersendiri dalam hal evakuasi,” ujarnya.


Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai Mitigasi Bencana oleh Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pesisir Selatan yang bertempat di Lapangan Rutan.


" Kegiatan ini kita laksanakan bekerja sama dengan Damkar Kabupaten Painan, dengan Pelatih Kabid Pemadam Kebakaran. Beliau memberikan penjelasan lengkap mengenai prosedur yang harus diambil dalam menghadapi berbagai bencana kebakaran" lanjutnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi dimana simulasi penanggulangan kebakaran menjadi bagian penting dari kegiatan tersebut yang dipandu oleh tim Pemadam Kebakaran. 


"Mereka mempraktekkan cara menggunakan alat pemadam kebakaran, langkah awal menangani kebocoran gas, serta cara menangani kebakaran skala kecil" tambahnya lagi.


Pada akhir acara, Kasubsi Peltah  memberikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Rutan Painan dengan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan. 


“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap seluruh petugas Rutan Painan dan Warga Binaan dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi, khususnya di lingkungan Rutan,” pungkasnya.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan seluruh elemen Rutan Painan dalam menghadapi bencana, sejalan dengan upaya pencegahan dan pengelolaan risiko yang semakin menjadi prioritas. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!