Breaking News

Sunday, October 06, 2024

Dibuka Pj's. Bupati Tanah Datar, Khatam Al-Qur'an Gabungan Masjid Makmur Tigo Batua Diikuti 32 Santri




Tanah Datar (SUMBAR), -  Sebanyak 32 orang Santriwan/Santriwan yang berasal dari 3 Surau yang berada di Jorong Tigo Batua, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab mengikuti Perayaan Khatam Gabungan yang dipusatkan di Masjid Makmur Tigo Batua, Minggu (06/10).


Pjs. Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Eriznur, M. Si dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jorong Tigo Batua, Pengurus Masjid/Surau yang telah melaksanakan  acara Khatam Al-Qur'an Gabungan ini.


Eriznur katakan Khatam Al-Qur'an sejalan dengan Program Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang Madani berdasarkan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah yang juga mendukung salah Satu Program Unggulan Pemerintah Daerah Satu Rumah', Satu Hafiz.


Erizanur berpesan agar Santriwan/Santriwati terus semangat untuk mempelajari dan mendalami ilmu Al-Qur'an.


"Meskipun sudah Khatam Al-Qur'an, anak-anak kami jangan sampai berhenti mengaji, jangan berhenti belajar Al-Qur'an. Khatam Al-Qur'an ini bukan akhir dalam belajar Al-Qur'an, tetapi awal untuk mendalami ilmu Al-Qur'an. Teruslah membaca dan mengamalkan ilmu Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi Umat Islam yang akan membawa keselamatan dunia dan akhirat" pungkasnya.


Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar yang diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Joni Roza juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Perayaan Khatam Al-Qur'an di Masjid Makmur Jorong Tigo Batua.


"Mudah mudahan Khatam Al-Qur'an ini terus berlanjut dari tahun ke tahun, semoga tahun depan lebih banyak Santriwan Santriwati yang Khatam Al-Qur'an," katanya.


Joni Roza berharap, Masjid Makmur akan lebih banyak melahirkan generasi yang cinta dan gemar membaca serta mengamalkan Al-Qur'an.


Secara aturan sebut Lanjut Joni, lembaga pesantren sama statusnya dengan lembaga pendidikan lainnya. 


"Semua lembaga pendidikan Al Qur'an masuk dalam sistim aplikasi yang telah disusun oleh Kementerian Agama RI.

Khatam akan jadi kenangan terindah bagi setiap santri dan santriwati," katanya.


Joni berpesan kepada Santriwan dan Santriwati yang telah menamatkan pendidikan Al-Qur'an atau yang khatam hari ini akan mendapatkan keutamaan dari Allah SWT di akhirat nanti.


"Mempelajari Al Qur'an mendapatkan pahala yang sangat tinggi di sisi Allah SWT, untuk itu jangan berhenti mempelajarinya.

Begitu juga bagi orang tua, amal ibadah yang tiada henti dan putus, pahala ini akan terus mengalir, walau Bapak Ibu telah tiada" jelasnya.


"Mudah mudahan apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal jariyah dikemudian hari," pungkasnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!