Breaking News

Sunday, October 06, 2024

Dipusatkan di Masjid Makmur , Jorong Tigo Batua Sungai Tarab Laksanakan Khatam Al-Qur'an Gabungan




FS. Tanah Datar (SUMBAR),- Jorong Tigo Batua, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar melaksanakan kegiatan Khatam Al-Qur'an Gabungan yang dipusatkan di Masjid Makmur Tigo Batua, Minggu (06/10/2024).


Acara diawalai dengan Pawai Peserta Khatam Al-Qur'an, Bako (Keluarga Santriwan/Santriwati) yang "menjunjung talam" dengan diringi Marching Band dari SMA N 1 Sungai Tarab dengan rute depan Masjid Makmur Tigo Batua hingga Pasar Sungai Tarab dan kembali lagi ke Masjid Makmur Tigo Batua.


Selanjutnya dilanjutkan dengan acara pembukaan dan penampilan mengaji para Santriwan/Santriwati.


Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana Khatam Al-Qur'an Edi Cahyadi, S.H.I menyampaikan rasa bangga sekaligus apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jorong Tigo Batua, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat, Pengurus Masjid dan Surau, Bundo Kanduang yang serta Wali Santri yang telah bekerja keras sehingga Acara Khatam Gabungan dapat terlaksana dengan baik pada hari ini.


Edi Cahyadi juga menyampaikan Santriwan/Santriwan yang mengikuti Khatam hari ini berjumlah 32 orang.


"Ini merupakan Khatam Gabungan dari 3 Surau yang ada di Jorong Tigo Batua, diikuti oleh 32 orang Santri yang berasal dari Surau Jambu, Surau Umum dan Surau Ponco" ujar Edi Cahyadi.


Edi Cahyadi juga menyampaikan bahwa Khatam Al-Qur'an pada hari ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan generasi muda yang mencintai dan mengamalkan Al-Qur'an, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an akan selalu melekat pada diri para Santri dan selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Mewakili pengurus Masjid H. Emrizal, SE juga menyampaikan hal yang senada, bahwa acara Khatam Al-Qur'an Gabungan yang diinisiasi oleh  Pengurus Masjid/Surau, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang ini adalah salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an dan ajaran Islam kepada Generasi Muda khusus di Jorong Tigo Batua.


H. Emrizal berpesan kepada Santri wan/Santriwati agar tidak sebatas sampai disini dalam mempelajari Al-Qur'an, tetapi Al-Qur'an harus terus dipelajari sepanjang hidup.


"Khatam Al-Qur'an ini bukan berarti selasai mempelajari Al-Qur'an dan mengaji, tetapi Saya berharap kedepannya agar anak-anak kami lebih meningkatkan lagi dalam mempelajari Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam yang harus terus dibaca dan dipelajari serta diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari" tukas H. Emrizal.


Wali Nagari Sungai Tarab Romi Chandra menyampaikan bahwa Khatam Al-Qur'an bukan sekedar untuk mendapatkan ijazah/syarat melanjutkan pendidikan tetapi lebih kepada kecintaan untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an.


Romi Chandra berharap kepada Santriwan/Santriwati agar tetep terus belajar mengaji dan terus mempelajari Al-Qur'an meskipun sudah Khatam.


Pada kesempatan itu Romi Chandra juga mengingatkan Pesta Demokrasi Pemilukada yang sudah semakin dekat.


"Kepada semua masyarakat Sungai Tarab khususnya Jorong Tigo Batua, Pemilihan Kepala Daerah,  Bupati dan Wakil Bupati juga Gubernur dan Wakil Gubernur sudah semakin dekat, mari kita gunakan hak pilih kita, datang ke TPS tanggal 27 November mendatang. Dan saya menghimbau kepada masyarakat tetep menjaga kekompakan.dan stabilitas kemananan sehingga tercipta suasana yang kondusif, kita ciptakan "Pilkada Badunsanak", jangan sampai ada warga kita yang tidak bertegur sapa usai Pilkada nanti" pungkasnya.


Hadir dalam acara pembukaan Khatam Al-Qur'an ini, Pjs. Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik  Drs. Eriznur, M.Si, Kakankemenag Tanah Datar yang diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Joni Roza, S.Ag, M.Pd.I, Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nana Bapayuang Ameh, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari Sungai Tarab , Tokoh Masyarakatnya serta undangan lainnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!