Breaking News

Friday, October 11, 2024

Diresmikan Sebagai Dapur Restorasi, Dapur Umum Lapas Bukittinggi Siap Sajikan Makanan Sehat dan Hiegenis


FS. Bukittinggi (SUMBAR)-Dapur Umum Lapas Kelas IIA Bukittinggi didukung dengan Sistem Restorasi yang apik dan memenuhi standar kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Bukittinggi.




Dapur Restorasi Lapas Kelas IIA Bukittinggi yang diresmikan  Gubernur Sumatra Barat, H.Mahyeldi Ansharullah, SP, 08 April 2021 lalu siap melayani dan memberikan suguhan makanan yang baik dan sehat.


"Dapur higenis Lapas Bukittinggi ini sudah menggunakan Sistem Restorasi dalam melayani kebutuhan makan bagi Warga Binaan. Untuk kegiatan Dapur ini diperdayakan k Tamping  (Tahanan Pendamping) Dapur untuk memasak dan membagikan seluruh kebutuhan makanan dalam Lapas. Untuk Warga Binaan cukup menunggu di kamar masing-masing dan membersihkan tempat makan saja,  sedangkan yang mengolah, memasak, mengantar dan menjemput makan dan tempat makan semua dikerjakan oleh Tamping Dapur di bawah pengawasan Petugas Bapak Megi Falentino, SH yang slalu menjaga, memperhatikan, mengawasi dan membimbing  Tamping Dapur dalam mengolah makanan juga mengurus persediaan bahan makanan"   jelas Kasubsi Bimaswat Hasan Harahap, SH, Jum'at (11/08/2024).


"Seluruh Tamping Dapur dalam mengerjakan masakan dan menyajikannya selalu mengutamakan kebersihan dengan memakai sarung tangan, tutup kepala, celemek, juga sepatu, supaya semua makanan terjamin higenis dan terjaga  kesehatannya" tambah Hasan Harahap.


Sementara KPLP Abdul Silaban, SH menambahkan "setiap hari selalu ada sampel makanan, tiga kali sehari sampel dilaporkan dan diberikan kepada atasan supaya tidak ada  mekanisme pemberian makanan kepada WBP yang menyimpang dari aturan dan dipastikan selalu sesuai standar yang telah ditentukan. Bahkan air minum pun diberikan air higenis yang dibeli dari depot air minum dari Luar Lapas.  Jadi WBP kita  tidak ada yang minum air kran sehingga jauh dari penyakit diare" 


Kalapas Herdianto, Amd,IP, SH, M.Si juga membenarkan  bahwa Dapur Umum Lapas Kelas IIA Bukittinggi sudah diresmikan menjadi Dapur Restorasi olah Gubernur Sumatra Barat. Itu artinya Dapur Umum Lapas Bukitinggi sudah memenuhi  standar kesehatan yang higenis.


"Ini merupakan salah satu komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Warga Binaan. Kepada seluruh Petugas terutama Petugas Dapur Umum, tingkatkan kebersihan tempat dan lokasi memasak, selalu kontrol agar terus terjaga kebersihannya juga tempat makanan Warga Binaan juga diperiksa kebersihan sebelum dimasukan makanan. Jadi setelah dibersihkan dari Kamar Hunian Warga Binaan sampai di Dapur Restorasi akan kembali diperiksa kebersihan tempat makan Warga Binaan tersebut. Pastikan semua dalam keadaan bersih dan higienis" pungkas Herdianto. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!