Breaking News

Thursday, October 10, 2024

IWAPI Pesisir Selatan Gelar Pelatihan Sertifikasi Mandor Untuk Perempuan

                                    09 Oktober 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Pesisir Selatan akan melaksanakan Pelatihan Sertifikasi Mandor Bagi Kaum Perempuan Pada 9-11 Oktober 2024, Diikuti Oleh 20 Peserta Perempuan di Hotel Triza Painan (09/10).

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial untuk Infrastruktur (GESIT), yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam sektor infrastruktur melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan. Dalam pelatihan ini, IWAPI bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP) Astekindo Padang untuk memberikan materi yang relevan dan sertifikasi resmi bagi para peserta.

"Kami berkomitmen untuk mendukung perempuan agar dapat berperan aktif dalam sektor infrastruktur, yang selama ini didominasi oleh laki-laki. Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat membuka peluang baru bagi perempuan di Pesisir Selatan," ungkap Cici Gamiaci, Ketua IWAPI Pesisir Selatan.

Sementara itu, Ir. Indra Agus, ST., MT., IPM., ASEAN Eng, yang menjadi narasumber sekaligus Tim Asesor LSP Astekindo dalam pelatihan Sertifikat SKK Mandor Keahlian Pelaksana Lapangan Pekerjaan Saluran Irigasi mengatakan, “Ini adalah kali ketiga IWAPI berkerja sama dengan kami, pelatihan yang sebelumnya adalah Pelatihan Pengambilan SKK Jalan dan Bangunan Gedung (SMK3) dan sekarang pelatihan Sertifikat SKK Mandor Keahlian Pelaksana Lapangan Pekerjaan Saluran Irigasi. Pelatihan ini sangat dibutukan bagi para pencari kerja dalam memulai karir di dunia jasa kontruksi dan sertifikasi ini adalah sebagai bukti bahwasanya mereka siap bersaing di dunia kerja”.

Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja, serta Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPr dan PA), untuk memastikan pelatihan berjalan lancar dan memenuhi standar yang ditetapkan.

Diharapkan pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas peserta, tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dalam berbagai sektor, termasuk infrastruktur. Dengan keterampilan yang diperoleh para peserta diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan infrastruktur di daerah mereka.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi IWAPI Pesisir Selatan bersama  Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) dalam program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial untuk Infrastruktur (GESIT).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!