Breaking News

Monday, October 21, 2024

Komitmen Jaga Keamanan dan Ketertiban, Lapas Bukittinggi Berikan Perhatian Khusus Bagi Tahanan Wanita


FS. Bukittinggi (SUMBAR)- Dalam peningkatan keamanan dan ketertiban serta menjamin rasa aman Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Bukittinggi  melakukan inovasi baru bagi Tahanan Wanita, melalui pendekatan pemasyarakatan dengan sistim kekeluargaan sehingga para Tahanan Wanita tidak stres dan makin terpuruk mentalnya.


Petugas wanita Lapas Bukittinggi melakukan pendampingan secara kekeluargaan sehingga para Tahanan Wanita mendapatkan tempat buat mencurahkan isi hati dan beban pikiran, juga merasa aman dengan selalu dijaga dan didampingi, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa dicegah sedini mungkin " jelas Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Herdianto, Amd, IP, SH MH.


Dalam hal ini Lanjut Kalapas Herdianto, Lapas Bukittinggi menugaskan tiga Petugas Wanita secara bergantian mendampingi dan menjaga Tahanan Wanita.


"Ada tiga Petugas Wanita yang ditugaskan yaitu  Buk Dini Rahmi Yudia Yasfa, Buk Shely dan  Buk Eva. Penjagaan dan pendampingan Tahanan Wanita dilakukan dua sif ,dari pagi sampai siang dan dan dari siang sampai sore secara bergantian tiap hari termasuk hari Minggu sehingga para Tahanan Wanita terhindar dari rasa stres dan frustasi" tambah Kasi Mintrantib Afrizal, SH.


Kamar Tahanan Wanita hanya boleh dibuka oleh Petugas Wanita yang telah ditunjuk dan kembali ditutup atau dikunci oleh Petugas Wanita juga. Kunci Kamar Wanita dipegang oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas dan Petugas Wanita setiap pagi mengambil dan menyerahkan kunci Kamar Tahanan Wanita setiap sore kepada KPLP langsung tanpa perantara siapapun, karena pertanggungjawaban sesuai arahan Kalapas sebagai Pimpinan berada di tangan KPLP.

Apapun yang terjadi KPLP yang bertanggung jawab, jadi tidak bisa main-main soal kunci Kamar Tahanan Wanita"  jelas KPLP Abdul Silaban, SH.



Abdul Silaban menambahkan "Setiap hari para Tahanan Wanita akan diberikan arahan dan didampingi selalu kalau mau ke luar Kamar seperti mau ke wartelsuspas ke kantin maupun duduk-duduk di luar kamar serta ke Perpustakaan juga mau bersih-bersih di depan Kamar singkat cerita semua aktifitas dan kegiatan Tahanan Wanita diawasi, dijaga dan didampingi selalu oleh Petugas Wanita".


Setiap tamping yang memanggil Tahanan Wanita untuk bertamu harus seizin Petugas Pos Jaga Blok Hunian,. setelah itu baru menemui Petugas Wanita penanggungjawab untuk menyampaikan kalau ada kunjungan untuk Tahanan Wanita atau mengantarkan makanan dari dapur. Jadi tidak ada Napi atau Petugas laki-laki yang bisa langsung berbicara atau bertemu dg Tahanan Wanita.  Semua ini dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Lapas Bukittinggi secara umum dan menjaga Tahanan Wanita agar terjamin ketenangannya secara khusus" kata Yasril, SH selaku Kasubsi Peltatib Lapas Bukittinggi. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!