Breaking News

Monday, October 07, 2024

Lapas Bukittinggi bersama Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar Lakukan Penggeledahan Kamar Hunian

Kegiatan Penggeledahan Kamar Hunian dan Tes Urine untuk Memastikan WBP Lapas Bukitinggi Bebas dari Penggunaan Obat-Obatan Terlarang

FS. Bukittinggi (SUMBAR),-Senin siang (07/10/2024) Lapas Kelas IIA Bukittinggi  melakukan kegiatan penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan Pemasaran (WBP)  di Blok  C dan Blok D.


Giat tersebut dilakukan oleh Petugas Gabungan dari Lapas Kelas IIA Bukittinggi Satuan Tugas (Satgas)  dari  Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat yang dipimpin oleh Kadivpas Dwinastiti Handayani, Bc,.IP, SH, MH, Kabid Keamanan Prayitno, Amd, IP, S.Sos beserta Petugas dari Satgas.


Turut mendampingi dalam giat tersebut,  Kalapas Herdianto, Amd. IP, SH, M.Si, KPLP Abdul Silaban, SH, Kasi Kamtib Afrizal ,SH , Yasril, SH, Andrenosa, Amd, IP dan seluruh Pejabat Lapas Kelas IIA Bukittinggi serta  Karupam Andre dan Petugas Piket juga Petugas Blok dan  Petugas Bapas.


"Pengeledahan kali ini tidak hanya akan memeriksa kamar-kamar hunian dari barang terlarang  saja tapi juga mengontrol kebersihan Kamar Hunian sekaligus melakukan Tes Urine para Warga Binaan di Blok C, agar bisa dipastikan Warga Binaan Lapas Bukittinggi sudah jauh dan tidak lagi memiliki mengkonsumsi Narkoba" jelas Kadivpas  Dwinastiti Handayani


Dalam pengeledahan di Kamar Hunian Blok C, Petugas Satgas dan Petugas Lapas Kelas IIA Bukittinggi   memeriksa dengan sangat teliti setiap Kamar Hunian Warga Binaan" lanjut Dwinastiti.


"Dalam penggeledahan bini seluruh lemari diperiksa, termasuk saluran air, lantai, dinding dan kamar mandi diperiksa tapi tak ada hal yang mencurigakan dan tidak ada temuan yang melanggar aturan. Hanya  ikat pinggang kulit satu, mancis/korek api yang menjadi  temuan. Sedangkan di Kamar Hunian wanita Blok D tidak ditemukan hal-hal  yang mencurigakan baik itu senjata tajam maupun yang menjurus ke zat adiktif lainnya, hanya sendok besi dua buah. Semua dalam kondisi aman" kata Kabid Keamanan Prayitno, Amd, IP, S.Sos.


Warga Binaan antusias sekali melakukan tes urine untuk membuktikan kalau meraka semua tidak lagi mengkonsumsi Narkoba   dan obt-obatan terlarang.


"Semua hasil tes urine negatif artinya WBP kita aman dan bebas dari penggunaan obat-obatan terlarang" kata Kasi Minkamtib Afrizal, SH.


Membuat Warga Binaan jauh dari Narkoba dan obat-obatan serta pungli,  juga tidak memakai Hp sendiri itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Lapas Kelas IIA Bukittinggi,apalagi Warga Binaan juga antusias mengikuti seluruh program-program pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukan oleh Lapas. WBP kitab juga selalu olahraga, menjaga kebersihan dan hidup dengan tenang dan damai, semua prestasi yang sangat membanggakan untuk Lapas Kelas IIA Bukittinggi" kata Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat  Emrizal, SH, MH dlm kata sambutan peresmian PTSP. 


Sementara Kalapas Herdianto, Amd, IP, SH, M.Si mengatakan bisa mewujudkan Lapas Bukittinggi yang bersih dan Zero Halinar juga bebas dari kekerasan merupakan kebahagian dan kebanggaan tersendiri. 


"Ini semua tidak sebatas sampai disini, tetapi mempertahankan keadaan dan situasi ini sangatlah berat dan penuh tantangan. Jadi  saya berharap kepada seluruh Petugas marilah kita semua bahu-membahu bekerja keras, penuh semangat dan tanggung jawab untuk terus memperbaiki yang ada saat ini supaya semua cita-cita untuk memberikan pelayanan, pembinaan terbaik bisa terus kita lakukan.  Menyadarkan  Warga Binaan bisa kita wujudkan selama-lamanya sesuai aturan yang ada dan arahan Pimpinan" jelas Kalapas Herdianto.

 

Setelah penggeledahan dan tes urine di kamar hunian di Blok C dan Blok D diadakan Perss Release, supaya semua hasil penggeledahan diketahui semuanya dan dimusnahkan agar tidak dipergunakan lagi"  tambah KPLP Abdul Silaban, SH. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!