Breaking News

Sunday, October 20, 2024

Lewat Cafe Demokrasi PPK Kec. KPGD Berharap Jumlah Pemilih Meningkat, dan Terbangun Pilkada Damai

Pelaksanaan Cafe Demokrasi oleh PPK Kecamatan KPGD dilaksanakan di CAfe MW Sungai Aro,.Minggu (20/10/2024). Foto Afrizal Amir

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
  Menikmati minuman dan makanan di Cage MW Sungai Aro Pakan Rabaa, menjadi bagian oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengumpulkan masyarakat se-Kecamatan KPGD untuk turut mensukseskan Pilkada serentak 2024 di kecamatan tersebut dalam acara Cafe Demokrasi.

Ketua PPK Kecamatan KPGD, Rivalino Scivo di dampingi, Divisi Data dan Informasi (DATIN), Sri Hardini, Divisi Teknis Neno Suryani, Divisi SDM Prima Dona, Divisi Hukum Candra Afri Yoni menjelaskan bahwa dengan menghadirkan berbagai unsur masyarakat di kecamatan ini, kedepan diharapkan tingkat kehadiran pemilih saat pelaksanaan Pilkada akan meningkat.

Muaranya tentu akan terwujud tingkat partisipasi masyarakat ikut Pilkada serentak akan tinggi, dan terwujud juga Pilkada damai, aman dan lancar,' harapnya.

Di kegiatan itu, Ia juga memaparkan berbagai hal lain yang menjadi syarat bagi pemilih saat mempergunakan gak suaranya saat pemilihan di TPS nanti, terutama bagi pemilih pemula, pemilih yang pindah domisili.

Kegiatan Cafe Demokrasi ala PPK Kecamatan KPGD tersebut menghadirkan, unsur kelompok Tani, Ormas Pemuda, kelompok Yasinan, Bundo Kanduang dan pemilih Pemula.

Hadir juga saat itu, Staf KPU Solok Selatan, Hidayat Dona, Elmiwati, Anto. R. Sekretaris PPK Gustia Elita, staf sekretariat PPK Santi Primadona, dan Bobi Darwata. Selain itu dari Panwascam Kecamatan KPGD hadir Sepdiyon Al Hidayat (ketua), Nasrullah (anggota), Edrianto (anggota).

Penekanan yang disampaikan pada kegiatan Cafe Demokrasi tersebut oleh PPK Kecamatan KPGD adalah, perlunya semua pihak memahami berbagai regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada dan mempergunakan hak pilihnya saat Pilkada nanti.

Dikesepatan itu Divisi Data dan Informasi (DATIN), Sri Hardini, Divisi Teknis Neno Suryani, Divisi SDM Prima Dona, secara bergantian juga turut menyampaikan beberapa informasi sesuai dengan tanggungjawab mereka sebagaimana yang menjadi tugasnya selaku Ketua  Divisi masing-masing.

Seperti yang disampaikan Sri Hardini kepada semua peserta, terkait masalah Daftar Pemilih Tetapi, serta rentang waktu perbaikan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), bagi pemilih yang pindah domisili, atau pindah alamat, baik pindah tinggal atau dengan alasan pindah karena bekerja atau sedang pendidikan, sakit dan lain sebagainya.

Sri Hardini juga mengajak semua pemilih pemula untuk sesegera mengurus adminitrasi kependudukan seperti KTP-EL sebagai salah satu syarat untuk bisa menyalurkan hak demokrasinya.

Ikut memberikan sosialisasi Ketua Panwascam KPGD Sepdiyon Al Hidayat, yang menyampaikan beberapa larangan saat pelaksanaan Pilkada, mulai dari masalah money politik sampai pada beberapa hal lain yang menjadi pelanggaran dalam Pilkada.

Dikegiatan Cafe Demokrasi yang dilaksanakan PPK Kecamatan KPGD tersebut muncul beberapa pertanyaan dari kelompok ormas pemuda, kelompok yasinan dan dari kelompok pemilih pemula. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!